Hari Ini Peserta SNMPTN Sudah Bisa Daftar

sentralberita | Jakarta ~ Penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) untuk Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) sudah memasuki tahapan pendaftaran mulai hari ini, Senin (15/02/2021) pukul 15.00 WIB. Para peserta diharapkan bisa mulai melakukan pendaftaran secepatnya dan tidak menunda sampai menjelang penutupan atau pada hari terakhir pendaftaran demi mengantisipasi hal-hal yang masih harus dilengkapi.

Siswa yang bisa melakukan pendaftaran adalah mereka yang sudah memiliki akun permanen di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sudah dinyatakan eligible oleh sekolah, dan memiliki nilai lengkap.

Proses pendaftaran berlangsung pada 15-24 Februari 2021 melalui portal LTMPT yaitu https://portal.ltmpt.ac.id atau melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id. Siswa harus melakukan pendaftaran dengan tujuh tahap antara lain melakukan login di portal LTMPT, mengisi kelengkapan data orangtua, melakukan pilihan program studi, mengisi portofolio, mendaftarkan prestasi, serta wajib mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

“Pengumuman hasil SNMPTN dijadwalkan pada 22 Maret 2021 melalui laman LTMPT di https://pengumumansnmptn.ltmpt.ac.id dan laman mirror pengumuman di beberapa PTN yang akan diinformasikan kemudian,” sebut pernyataan dari surat edaran tim pelaksana LTMPT Nomor 05/SE.LTMPT/2021 tentang Pembukaan Pendaftaran SNMPTN tahun 2021 yang diterima  Minggu (14/02/2021) malam.

Surat edaran itu ditujukan kepada kepala SMA/SMK/MA dan siswa SMA/SMK/MA di seluruh Indonesia. Untuk proses pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN bisa dilihat melalui laman PTN penerima.

Ditambahkan, peserta diharapkan membaca terlebih dulu Panduan Pendaftaran SNMPTN 2021 yang dapat diunduh di situs LTMPT, secara saksama sebelum mengisi pendaftaran.

Siswa yang mengalami kendala teknis dalam pendaftaran SNMPTN dapat menghubungi layanan call center 0804 1 450 450 atau https://halo.ltmpt.ac.id.

(bs/red)