Polsek Timur Ungkap Pencurian Kotak Infaq dengan Timah Panas

sentralberita|Medan~ Polsek Timur berhsil mengungkap kasus pencurian kotak infaq yang Viral di Medsos dengan tersangkanya
Iman Habib Hasibuan ( 34) beralamat di Jalan Rahmat Pik Kelurahan Menteng Raya Kecamatan Medan Denai.

Kejadian pencurian itu, kata Kapolsek Medan Timur, M Arifin, Kamis (7/1/20201) di Masjid Al-Amin Jalan Bilal Dalam Gg. Surya No. 168 Kelurahan PBD I Kecamatan Medan Timur, Kamis31 Desember 2020.kerugian :1 kotak infaq yg berisikan uang sekira Rp.3.200.000.

Dijelaskan, pada hari Kamis, 31 Des 2020, sekira pkl 16:00 WIB pembersih Mesjid (ibu Eti dan ibu Suk datang ke TKP dan melihat kotak infaq Mesjid sudah terbuka dan gagang kunci / pegangan gembok kotak infaq sudah rusak. Ibu Eti dan ibu Suk kemudian memberitahukan kepada pengurus Masjid an. Sarul Efendi dan Aidil Subandi.

Dari keterangan ke dua orang saksi pengurus masjid dimaksud bahwa isi kotak infaq tersebut terdapat uang tunai -/+ Rp. 3.200.000 dan sudah 2 minggu belum dibuka serta kotak Infaq diletakkan di teras mesjid dalam keadaan digembok.

Selanjutnya, Timsus Polsek Medan Timur melakukan cek TKP dan lidik pulbaket terkait kasus pencurian kotak infaq yg viral berdasarkan rekaman cctv diketahui bahwa tersangka pencurian kotak infaq tersebut bernama Imam Habib Hasibuan.

Tim yang dipimpin Kanit Reskrim Iptu ALP. Tambunan, SH, MH bersama Panit 1 Ipda P.M Tambunan, SH, MH dan Panit 2 Iptu Andrea langsung melakukan pencarian tersangka dan diketahui kediaman tersangka berada di Jln. Rahmat Pik Kel. Menteng Raya Kec. Medan Denai.

Setelah tim mengetahui keberadaan tersangka, selanjutnya tim melakukan pengendapan seputaran rumah tersangka mulai tanggal 02 Januari s/d tanggal 06 Januari 2021, sekira pukul 15.30 wib.

Selanjutnya tim langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka. Dari hasil interogasi diketahui bahwa tersangka merupakan residivis pencurian kotak infaq dari salah satu mesjid di daerah Deli Tua tahun 2015 dengan Vonis 1 Tahun 6 Bulan.

Setelah tim berhasil mengamankan tersangka dan barang bukti, selanjutnya tim langsung melakukan pengembangan terhadap barang bukti alat yang digunakan berupa sepeda motor Kawasaki Ninja Warior.

Saat itu tersangka berusaha mengelabui petugas dengan berpura pura mau buang air besar sehingga petugas membuka borgol saat itu juga tersangka melawan petugas dengan berusaha merampas senjata api milik petugas Ipda Poltak Tambunan, SH, MH

Namun saat bersamaan, pers An. Brigadir Dwi Purwanto yang melihat tindakan tersangka, seketika langsung melakukan tindakan tegas terukur dengan menembak kaki tersangka. Selanjutnya tersangka berhasil diamankan dan di boyong ke RS. Bhayangkara TK II Medan untuk dulakukan perawatan.(SB/01)