Musprov KONI Sumut Dibuka, Gubsu: “Saya Janji akan Siapkan Fasilitas Dibutuhkan”

sentralberita|Karo~Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi secara resmi membuka Musyawarah Provinsi (Musprov) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut digelar di Grand Mutiara Berastagi 27-29 Januari 2021 yang ditandai dengan pemukulan gong.

Dihadapan peserta Musorprov serta undangan lainnya, Gubsu mengingatkan bahwa mengurus olahraga bukanlah hal yang mudah, karena berbagai kendala dan aral melintang pasti selalu dan itu tentunya harus dihadapi demi tercapainya sebuah prestasi.

“Terkadang lebih susah ngurus pengurus olahraga dari pada atletnya. Tapi itu semua akan dapat kita lewati kalau kita saling bekerjasama dan saling dukung mendukung, ” karanya.

Untuk itu, lanjut dia, yang perlu ditekankan kepada semua pihak bahwa olahraga itu membutuhkan sosok yang memiliki jiwa patriot.

Jadi kalau kalau memang tak punya jiwa patriot, berikanlah pada orang yang benar-benar mampu dan memiliki kualitas untuk mengurus suatu cabang olahraga.

Jadi semua harus berbagi tugas,siapa yang ngurus olahraga dan siapa yang mencari uang untuk pembinaan olahraga. Nah kalau semua itu berjalan dengan baik Insha Allah prestasi akan terus kita capai.

“Saya berjanji akan menyiapkan semua yang fasilitas yang dibutuhkan untuk olahraga dan tentunya harus juga sesuai dengan kemampuan kami. Apalagi kita juga akan menjadi tuan rumah PON tahun 2024 bersama Aceh dan saat ini kita sudah menyiapkan pembangunan sport centre seluas 300 hektare dekat Bandara Kualanamu, ” karanya.

Sementara Ketua KONI Pusat Marciano Norman dalam kesempatan yang sama menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah mendukung KONI Sumut dalam menjalankan berbagai program pembinaan terhadap atlet, termasuk dukungan dalam menyiapkan sarana dan prasaran untuk PON 2024.

Tanpa dukungan mustahil olahraga akan maju, dan dukungan tersebut juga harus dipertanggungjawabkan dengan baik. Caranya adalah dengan melaksanakan tata kelola organisasi dengan baik, membuat program serta mempertanggungjawabkan setiap rupiah yang telah diberikan pemerintah.

“Jika tata kelola sudah baik, maka juga akan berdampak pada prestasi atlet. Atlet akan melihat bahwa pengurus cabang olahraga sudah mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk olahraga, hal itu juga akan memotivasi atlet untuk berbuat yang terbaik untuk mencapai prestasi, ” katanya.

Sementara terkait pelaksanaan PON 2021 di Papua, ia menyamaikan sejauh ini semua persiapan berjalan dengan baik bahkan untuk vanue sudah mencapai lebih dari 90 persen, hanya tinggal sedikit lagi seperti akses dan lainnya yang juga hampir rampung.

Numun tentunya pelaksanaan PON nanti tetap berpatok pada pemerintah dan even di luar negeri. Kalau misalnya Olimpiade di Tokyo nanti jadi digelar, maka PON juga kemungkinan bisa digelar. Apakah tanpa penonton atau tetap ada penonton tentunya melihat kondisi pandemi Covid-19, ” katanya.

Sementara Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan ada sejumlah agenda yang akan dibahas dama Musorprov kali ini yakni evaluasi dari berbagai progeam yang sudah dijalani, penyusunan program kerja kedepan serta pemilihan Ketua KONI Sumut periode 2021-2025.

“Kami harap Musorprov ini berjalan dengan baik dan hasilnya akan kamibsampaikan kepada gubernur. Terimakasih kepada semuabpihak yang telah memberikan dukungan kepada kami selama ini untuk memajukan olaharaga di Sumut, ” katanya.(SB/01)