Mulai 2021, Seleksi Masuk Prodi Sarjana Terapan Lewat Jalur LTMPT

sentralberita | Jakarta ~ Dirjen Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Diksi Kemdikbud) Wikan Sakarinto mengatakan, mulai tahun ini, tes masuk pendidikan vokasi, khusus untuk jenjang sarjana terapan atau diploma IV (D- IV) di Politeknik maupun di perguruan tinggi yang dimiliki Diksi dikelola oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Wikan menyebutkan, ada 351 program studi (prodi) sarjana terapan yang akan diikutsertakan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN). “Dari 351 prodi Diksi, terbagi menjadi dua yaitu, 298 prodi sarjana terapan berada di politeknik negeri dan 53 prodi di perguruan tinggi unista,” kata Wikan, Sabtu (16/1).

Wikan menuturkan, unista kepanjangan dari universitas, institut sekolah tinggi, dan akademi. Untuk saat ini, berdasarkan data per Jumat (15/1), ada 40 politeknik, dan 12 unista vokasi yang telah bergabung dalam seleksi LTMPT.

“Ini merupakan sebuah kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya ditengah upaya perguruan tinggi vokasi yang bersinergi bersama dunia industri dan dunia kerja agar kedepannya dapat mencetak sumber daya manusia yang unggul dan berdaya serap tinggi di industri,” ujarnya.

Selanjutnya,Wikan menambahkan, bagi peserta yang ingin memilih sarjana atau sarjana terapan harus berdasarkan bakat dan minat. Khusus untuk yang memilih sarjana terapan, Wikan menuturkan, setelah lulus kuliah, selain ijazah yang didapat juga memiliki sertifikat kompetensi yang diakui oleh industri serta kemampuan berbahasa Inggris.

Pasalnya, kurikulum untuk vokasi wajib magang di industri duel sistem, yakni belajar sambil bekerja. Selain itu, ada magang tambahan yang merupakan bagian dari program Kampus Merdeka selama satu semester di industri ataupun melakukan pengabdian masyarakat. (Bs/ras)