Mendagri Ultimatum Pemda Percepat Perizinan dan Layanan Online di Tengah Pandemi

sentralberita | Jakarta ~ Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo meminta ASN bekerja keras di tengah pandemi corona. Tjahjo menginstruksikan seluruh ASN melayani masyarakat dengan sigap dalam sistem online maupun tatap muka.

“Di tengah pandemi COVID-19 ini, ASN tugasnya harus semakin produktif mempercepat perizinan, pelayanan, apalagi dikaitkan dengan UU Cipta Kerja, dan ASN harus ikut bergotong-royong menggerakkan upaya-upaya pencegahan [corona] ini secara maksimal,” ujar Tjahjo, Minggu (31/1).

Meski demikian, Tjahjo mengingatkan ASN untuk menerapkan protokol kesehatan. Apalagi, banyak stafnya di kementerian dan instansi pemerintah pusat yang harus bertugas melayani masyarakat secara tatap muka.

“Maka pada prinsipnya, Kemenpan RB dan BKN menerapkan disiplin protokol kesehatan dengan ketat karena ASN harus sehat,” ucapnya.

Tjahjo menyebut, selama tahun 2020, sebagian kementerian dan lembaga, termasuk Kemenpan-RB, membuat inovasi pelayanan online. Tjahjo menilai sistem online membuat pelayanan publik menjadi lebih cepat

“Seperti Banyuwangi, kini sudah meningkatkan di tingkat lurah atau desa. Kecuali RS kan enggak bisa, SIM, paspor, kan harus ada fotonya. Orang kalau mengurus KTP dan SIM itu sudah bisa secara online. Itu yang kita kembangkan inovasi-inovasi, dengan teknologi yang baru ini sudah bisa dengan cepat,” ujar Tjahjo.

“Itu salah satu bagian yang terus kita terapkan di lingkungan ASN ini. Sekecil apa pun harus kita apresiasi. Kecepatan ini yang terus kami coba yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi,” pungkasnya. (kum/ras)