Login WhatsApp Web Harus Scan Sidik Jari dan Wajah di HP

sentralberita | Jakarta ~ WhatsApp merilis fitur keamanan baru untuk akses ke WhatsApp Web maupun di aplikasi desktop. Fitur ini memperkuat keamanan saat pengguna menyinkronkan akun WhatsApp mereka dari ponsel ke komputer.

Jadi, pembaruan fitur keamanan ini membuat pola sinkronisasi akun WhatsApp dengan WhatsApp Web dan desktop berubah. Sebelum memindai QR code untuk menyinkronkan akun WhatsApp ke laptop/PC, pengguna yang telah mengaktifkan autentikasi biometrik di ponsel mereka akan diminta untuk melakukan autentikasi wajah atau sidik jari (fingerprint).

“Kami memanfaatkan sistem operasi ponsel yang telah mendukung fitur autentikasi wajah atau sidik jari. Ketika pengguna ingin menyinkronkan akun mereka dengan WhatsApp Web/desktop, mereka akan diminta untuk melakukan autentikasi biometrik di ponsel mereka sebelum diminta memindai QR code,” jelas WhatsApp dalam keterangan resmi yang diterima Sabtu (30/1).

WhatsApp menambah fitur keamanan baru berupa scan fingerprint dan wajah untuk login di aplikasi web dan dekstop. Foto: WhatsApp

Autentikasi wajah dan sidik jari yang dilakukan di perangkat pengguna otomatis terlindungi oleh sistem keamanan privasi sehingga WhatsApp tidak akan bisa mengakses informasi biometrik yang tersimpan di sistem operasi ponsel.

Fitur keamanan baru ini hanya akan berfungsi pada ponsel yang mendukung autentikasi biometrik, seperti pada perangkat dengan sistem iOS 14 ke atas dan sejumlah perangkat Android yang sudah kompatibel.

Untuk mengaktifkan autentikasi wajah dan sidik jari bisa dilakukan di pengaturan ponsel masing-masing. Sejauh ini, untuk iPhone bisa mengaktifkan kedua fitur keamanan tersebut, baik Face ID dan Touch ID. Sementara perangkat Android hanya sidik jari saja.

Tujuan dari adanya tambahan keamanan ini akan meminimalisasi kemungkinan WhatsApp Web dibajak. Metode tersebut dinilai cukup ampuh untuk mengetahui apakah pengguna WhatsApp tersebut benar-benar pemilik aslinya atau tidak.

Saat ini pengguna WhatsApp juga sudah menerima notifikasi saat ada yang login di WhatsApp Web/desktop dengan akun mereka. Ada juga pengaturan untuk keluar dari semua perangkat di aplikasi ponsel yang dapat digunakan kapan pun.

WhatsApp akan meluncurkan pembaruan sistem keamanan ini bersamaan dengan desain visual baru untuk WhatsApp Web. Pembaruan ini akan tersedia di ponsel pengguna yang kompatibel dalam beberapa minggu mendatang. (kum/ras)