Liverpool Takluk Vs Burnley: 0-1

sentralberita | Liverpool ~ Liverpool  harus bertekuk lutut di hadapan  Burnley. Bermain dominan, The Reds kalah 0-1 lewat penalti Ashley Barnes.

Pada laga Liverpool vs Burnley yang dihelat di Anfield, Jumat (22/1/2021) dini hari WIB, Liverpool tampil dominan dengan melepaskan 27 attempts, tapi hanya enam yang on goal.

Sementara, Burnley punya empat attempts on target dengan satu di antaranya jadi gol dari titik putih yang dibuat Barnes, ketika laga kurang dari 10 menit.

Kekalahan ini membuat Liverpool tertahan di posisi keempat klasemen dengan 35 poin, selisih lima angka dari Manchester United di puncak klasemen dan hanya unggul dua angka dari Tottenham Hotspur di posisi kelima klasemen.

Burnley naik ke posisi ke-17 klasemen dengan 17 poin dari 18 laga.

Jalannya pertandingan

Sedari menit awal, Liverpool langsung coba menggebrak pertahanan Burnley, tapi kesulitan untuk menciptakan peluang. Di menit ketujuh Fabinho coba menanduk bola dari situasi korner tapi masih melebar,

Yang ada gawang Liverpool diancam Ashley Barnes pada menit ke-13 ketika Alisson Becker tidak lengket menangkap bola. Bola terlepas lalu disepak Barnes, namun Alisson dapat membendungnya.

Di menit ke-22 giliran Liverpool bikin peluang lewat sepakan Xherdan Shaqiri dari jarak 20 yard, tapi bola melebar di sisi kiri gawang. Dua menit kemudian giliran Alex-Oxlade Chamberlain yang menembak keras ke gawang tapi tepat di tangkapan Nick Pope.

Divock Origi yang dipasang sebagai striker tunggal kesulitan menciptakan peluang. Ketika ada pun, tembakannya terlalu lemah dan dua kali tepat ke pelukan Pope.

Satu peluang emas dilewatkan Origi di menit ke-44. Kesalahan Ben Mee dalam menguasai bola membuat Origi bebas menuju kotak penalti dan tinggal berhadapan dengan Pope, bola tembakan Origi malah menghantam mistar.

Hingga turun minum, skor 0-0 tetap bertahan. Sempat terjadi insiden setelah peluit wasit berbunyi antara Barnes dan Fabinho sehingga keduanya harus dikartukuning.

Pada babak kedua, Liverpool coba mengambil inisiatif serangan lagi. Di menit ke-51, Trent Alexander-Arnold mendapat bola dari Sadio Mane dan langsung menembak dengan kaki kirinya, tapi Pope mampu membendungnya.

Origi dan Chamberlain yang tak efektif akhirnya diganti Mohamed Salah serta Roberto Firmino pada menit ke-58. Salah langsung mendapat peluang tiga menit setelahnya.

Diawali solo run Wijnaldum dari daerah permainan sendiri hingga mendekati kotak penalti Burnley, bola dioper ke sisi kanan. Salah langsung menyambut dengan sepakan kaki kiri ke tiang dekat dan bisa ditepis Pope.

Burnley yang terus ditekan memberikan ancaman lewat Johann Gudmunsson pada menit ke-72 lewat sepakan kaki kanannya tapi masih melebar.

Demikian pula peluan Firmino dua menit kemudian ketika memainkan umpan 1-2 dengan Andrew Robertson di sisi kiri. Umpan tarik Roberto disambut sepakan kaki kanan Firmino tapi melebar.

Di tengah rasa frustrasi, Liverpool malah dihukum penalti pada menit ke-83 saat Alisson melanggar Ashley Barnes. Barnes yang jadi eksekutor sukses menaklukkan Alisson untuk membuat skor 1-0 untuk Burnley.

Setelah itu Liverpool berupaya menggempur Burnley tapi pada akhirnya skor 1-0 tetap bertahan bagi kemenangan tim tamu.

Susunan pemain

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Fabinho, Andy Robertson; Alex Oxlade-Chamberlain (Roberto Firmino 58′), Thiago, Georginio Wijnaldum; Xherdan Shaqiri (Takumi Minamino 82′), Sadio Mane, Divock Origi (Mohamed Salah 58′).

Burnley: Nick Pope; Matt Lowton, James Tarkowski, Ben Mee, Charlie Taylor (Erik Pieters 48′); Robbie Brady (Johann Gudmunsson 65′), Ashley Westwood, Josh Brownhill, Dwight McNeil; Chris Wood, Ashley Barnes.
(dts/ras)