50 Karyawan PLTA Asahan III Positif Covid-19

sentralberita | Balige ~ Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Asahan III tiba tiba geger. Ada sebanyak 50 orang karyawan dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani test PCR.

Enam orang diantaranya merupakan warga Desa Meranti Utara, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba.

Sebelumnya, 17 karyawan PLTA Asahan III dinyatakan positif Covid-19 dan sudah 10 hari menjalani perawatan di Rumah Sakit Bunda Thamrin Medan.

Pihak perusahaan bersama Satgas Covid-19 Toba lalu melanjutkan screening dan test PCR kepada 46 karyawan lainnya pada Hari Jumat, (22/1/2021).

Setelah hasil test PCR keluar pada, Senin (24/1/2021), sebanyak 33 orang karyawan dinyatakan positif Covid-19 hingga total keseluruhan karyawan PLTA Asahan III yang positif Covid-19 sebanyak 50 orang.

Dari 50 karyawan PLTA Asahan III yang positif Covid-19, ada sebanyak 46 orang diantaranya dari PT Simizu Adi Karya (Sajo) dan 4 orang dari Konsultan PT PLN (Nipponkoi).

33 karyawan yang baru positif Covid-19 akhirnya dirawat di Rumah Sakit FL Tobing Tanjung Morawa.

Koordinator Satuan Pengaduan PT Simizu Adi Karya (Sajo), Saruhum Rambe saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, untuk penyampaian informasi keluar harus satu pintu.

“Untuk proyek PLTA Asahan III Ada 50 orang positif Covid-19 dengan rincian dari Sajo sebagai kontraktor utama sebanyak 46 orang kemudian ada 4 orang dari konsultan Nippon Koi. Dari 50 orang yang positif, karyawan lokal 11 orang diantaranya 6 orang warga Kabupaten Toba dan 5 orang dari Kabupaten Asahan sementara 35 karyawan dari luar kota sedangkan 4 orang lainnya merupakan karyawan asing (WNA),” terang Saruhum.

Camat Pintu Pohan Meranti Gibson Sinaga ketika dikonfirmasi oleh awak media, Rabu (27/1) membenarkan adanya 50 orang karyawan PLTA Asahan III yang positif Covid-19. (tc/ras)