Serahkan Medali Gurulympics PGRI 2020, Edy Rahmayadi Ajak Guru Gunakan Metode Terbaik Dalam Mengajar

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menghadiri Peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), di Aula Tengku Rizal Nurdin / Pendopo Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan, Rabu (23/12/2020).(Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut : Veri Ardian)

sentralberita|Medan ~ Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak seluruh guru yang ada di Sumut untuk menggunakan metode mengajar terbaik dalam mentransfer ilmu pada anak didik. Sehingga anak didik dapat dengan mudah menerima ilmu yang disampaikan tersebut.

Hal ini disampaikan Gubernur pada acara Peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), di Aula Tengku Rizal Nurdin / Pendopo Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan, Rabu (23/12).

Acara juga dirangkai dengan jamuan makan siang, pemberian tali asih dan penyerahan medali kepada 22 guru pemenang Lomba Gurulympics Tingkat Nasional PGRI tahun 2020. Acara ini juga diikuti para guru di kabupaten/kota secara virtual.

“Saya meminta guru-guru semua menggunakan metode terbaik dalam mengajar pada anak didik agar dapat diterima dengan mudah oleh anak didik. Saya juga meminta pada guru untuk tidak mudah menyerah dalam mentransfer ilmu, sampai anak didik tersebut benar-benar menerima dan memahami ilmu yang disampaikan,” ucap Edy Rahmyadi.

Hadir Ketua PGRI Sumut Abdul Rahman Siregar, Ketua Himpaudi Sumut Aminah Yunus Rasyid, Kadis Pendidikan Sumut Lasro Marbun, Kadis Kominfo Sumut Imran, Kadis Pendidikan Medan Adlan, Ketua PGRI Medan Sriyanta, serta para guru pemenang Lomba Gurulympics Tingkat Nasional.

Edy Rahmayadi optimis bila ini terus dilakukan, pendidikan di Indonesia kembali jaya seperti dahulu, dimana banyak orang Malaysia belajar ke Indonesia, antara lain karena metode belajar yang disampaikan guru pada saat itu dinilai sangat baik. 

“Bangsa ini tergantung pada kemampuan guru-gurunya. Dahulu Malaysia banyak belajar ke Indonesia karena guru disini merupakan yang terbaik. Namun kini terbalik dan saya minta itu kita kembalikan lagi seperti itu,” katanya.

Disampaikan juga, ada dua kriteria seorang guru, pertama Santi Aji yaitu memberikan ilmu pada murid, kedua Santi Karma yakni contoh teladan pada murid. Dari keduanya ini akan melahirkan budi pekerti pada seorang anak didik. “Seorang guru wajib mencontohkan pada murid untuk lebih bisa dan mampu meraih keinginan muridnya dalam hal prestasi,” ujar Edy Rahmayadi.

Gurulympics 2020 merupakan sebuah program dari PGRI yang bertujuan untuk mendorong semangat belajar dan inovasi para guru di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi. Program ini diharapkan dapat meningkatkan keahlian para guru dan meningkatkan kualitas pendidikan dimulai dari tenaga pengajarnya.

Berikut daftar nama pemenang Lomba Gurulympics Tingkat Nasional 2020, yaitu cabang lomba Cyber Pedagogy and UNESCO Framework for Teachers Ahmad Fadli Silaen (guru UPT SDN Percobaan Medan), cabang lomba S Learning dan U Learning, Dewi Nofriani (guru UPT SDN 065009 Medan), cabang lomba Edutainment dan Gamefication Elviana Santi (guru UPT SDN 064991 Medan).

Cabang lomba Mooc and Open Educational Resources Novani Maryam Rambe (guru UPT SDN 060870 Medan), cabang lomba Flipped Classroom and Blanded Learning M Diarmansyah (dosen Universitas Prima Indonesia), cabang lomba Online Colaborative and Cooperative Learning Elvi Ayu Sari (guru SMP Swasta Al Akbar Purba Ganda Bandar Tongah Kabupaten Simalungun).

Cabang lomba Problem Based Learning and Experiential Learning Suharningsih (Kepala UPT SDN 060903 Medan), cabang lomba Personal Learning Network and Multiple Inteligence Nugraha Nasution (guru UPT SDN 060925 Medan), cabang lomba Smart School and Smart Campus Hasfan Fadli (guru UPT SPF SMPN 1 Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang).

Cabang lomba E Learning Ecosystem and Learning Management system H Parlindungan Lubis (Kepala Sekolah SD Swasta Harapan 1 Medan), cabang lomba Netiouette and Sociaty 5.0 Harnida (guru UPT SDN 060870 Medan), cabang lomba Distance Education and X Learning Riansyah Rizal (guru UPT SDN Percobaan Medan), cabang lomba Big Data and VR/AR Darwisyah I Gultom (guru UPT SDN Percobaan Medan).

Cabang lomba Deep Learning and Online Evaluation Roito Juliani Harahap (guru UPT SDN 060870 Medan), cabang lomba Bahasa Indonesia dan Sastra Suri Wahyuni Nasution (guru UPT SDN 060870 Medan), cabang lomba Bahasa Inggris dan Komunikasi Yenny Puspita Saragih (guru UPT SPF SMPN 2 Tanjungmorawa, Kabupaten Deli Serdang).

Cabang lomba Indormatika dan Inovasi Nurhartati Khairiyah (guru UPT SDN 060925 Medan), cabang lomba Paud Rusmaliyah (guru TK Negeri Pembina 1 Medan), cabang lomba Ilmu Pengetahuan Sosial dan Budaya Ade Hermansyah Pohan (guru UPT SDN 068009 Medan).

Cabang lomba Sains dan Ilmu Pengetahuan Alam Aita Maharani, guru SMA/SMK Swasta Yapim Taruna Marelan Medan. Cabang lomba Pendidikan Tinggi dan Globalisasi Aisyah Lubis (guru UPT SDN 066650 Medan) dan cabang lomba Sekolah Dasar Lamria Theresia Sianipar (Kepala UPT SDN 060903 Medan).(SB/H)