Di Hari Jadi ke-14 Tahun, Pemkab Batubara Banyak Raih Prestasi

sentralberita|Batu Bata~Sidang Paripurna Istimewa Hari Ulang Tahun ke 14 Kabupaten Batubara, dibuka dan dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Batubara Safi’i, di Ruang Sidang Paripurna DPRD, Selasa (8/12/2020),

Dihadiri Bupati Batubara Ir Zahir dan Wakil Bupati Oky Igbal Prima terungkap di hari jadi ke 14 tahun itu, Pemkab Batubara banyak meraih prestasi

Hadir juga Kapolres AKBP Ikhwan Lubis, Kajari Mulyadi Sajaen, Sekda Sakti Alam Siregar, Ketua Kadin OK Faizal, pimpinan OPD dan undangan lainnya.

Asisten 1 Rusian Heri sebelumnya membacakan sejarah singkat terbentuknya Kabupaten Batubara mekar dari Kabupaten Asahan.

Dalam Sidang Istimewa Paripurna DPRD Hari Jadi Kabupaten Batubara Bupati tersebut, Zahir mengatakan, pada tahun 2020, Pemkab Batubara mendapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) terhadap audit hasil laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2019.

Atas pencapaian tersebut, Pemerintah Kabupaten Batubara kembali mendapat dana insentif daerah (DID) dari pusat sebesar Rp 10.193.400.000.

Menurutnya, pada tahun 2020, Kabupaten Batubara menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Sumatra Utara yang mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat dan Provinsi Sumatera Utara untuk mengelola anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Merupakan upaya Pemkab Batubara untuk manjaga dan memelihara kegiatan ekonomi nasional serta daerah, sebagai salah satu kabupaten yang menjadi lokasi Proyek Strategis Nasional (PSN) dan menjadikan Kabupaten Batubara sebagai kawasan strategis Provinsi Sumatra Utara, sebutnya

Kabupaten Batubara ditahun ke 14, merupakan tahun prestasi hasil kerja keras dan didukung oleh pihak legislatif, dalam mewujudkan good governance didalam Pemerintahan Kabupaten Batubara,” ujar Zahir.

Zahir mengungkapkan, pada tahun 2020 ini, Pemerintah Kabupaten Batubara telah mengalokasikan dana cadangan sebesar Rp 52 miliar dalam RAPBD tahun anggaran 2021, untuk rencana pembangunan Kantor Bupati Batubara dan menjadikan Lima Puluh sebagai pusat pemerintahan dan ibu kota kabupaten sesuai dengan Perda,

“Dalam upaya penanggulangan dan pencegahan penyebaran virus covid-19, sepanjang tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Batubara telah beberapa kali melakukan refocussing anggaran.

Anggaran itu dialihkan kepada program penganggulangan dan pencegahan pandemi covid-19 serta bantuan kepada masyarakat yang terdampak akibat wabah tersebut.jelasnya

Selain itu Bupati jelaskan, sangat pentingnya bila kita perhatikan pada guru honor,maka dari itu akan kita kasi uang lauk pauk kepada guru honor dari anggaran APBD Kabupaten, ini sesuai janji kampanye, ini semua berkat hubungan baik dengan lembaga legislatif.

Perlu saya ingatkan, kata Bupati, mari sama-sama kita terapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah guna memutus rantai penyebaran virus covid-19.

Semoga pandemi ini segera berlalu, dengan semangat kerjasama dan dilandasi jiwa kegotong royongan, semboyan Batubara. “Bisa akan dapat kita wujudkan, imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Batubara, Syafii mengajak seluruh komponen penyelenggaraan pemerintah dan masyarakat, menjadikan peringatan Hari Jadi Kabupaten Batubara sebagai momentum untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri serta memantapkan kebersamaan dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Batubara.

“Dengan kebersamaan, kerja keras, kekompakan dan partisipasi seluruh masyarakat, insyaAllah berbagai hambatan dan kendala yang terjadi dalam proses membangun Kabupaten Batubara dapat kita atasi bersama,” katanya.(SB/01/ru)