Bakti Sehat Yayasan Baitul Maal PLN UIWSU Pasca Banjir di Kampung Sejahtera

sentralberita|Medan – Yayasan Baitul Maal PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara menyalurkan Zakat Pegawai PLN dengan menggelar kegiatan pengobatan gratis dalam program Bakti Sehat, yang dilaksanakan di Masjid Al amin di Jalan Airlangga Ujung, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kamis (17/12/2020) pagi.

Kegiatan pengobatan ini meliputi 6 layanan, yakni layanan penyuluhan kesehatan dengan tema pentingnya PHBS di masa Covid-19, pemeriksaan tensi, pemeriksaan metabolik, pemeriksaan umum, pemberian obat, dan pemberian makanan tambahan berupa buah dan bubur.

“Zakat yang disalurkan ini merupakan Dana zakat yang dihimpun dari seluruh pegawai yang beragama Islam yang bekerja di PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, dari seluruh pegawai muslim, penghasilannya dipotong 2,5% setiap bulannya” Tutur Tuyono, Pengurus Bidang Penyaluran Zakat YBM PLN UIWSU.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB diawali dengan sambutan dari aparat setempat yang diwakilkan Bapak Halim Madona SE selaku Kepling 1 beserta nazir Mesjid Al Amin, Afransyah.

“Kegiatan seperti ini sangat positif dilakukan sehingga masyarakat silih berganti berdatangan dan ikut periksa kesehatan di sini. Semoga kedepan bisa bersinergi kembali dengan program-program kebaikan lainnya. Dan saya mengucapkan terima kasih untuk donatur YBM PLN WILSU dan tim yang bergerak, semoga sehat selalu”, tutur Afransyah, Nazir Mesjid Al Amin Kampung Sejahtera, saat memberikan sambutan.

Usai pembukaan dan kata sambutan dari berbagai pihak, dimulailah layanan pengobatan karena warga yang berhadir juga sudah menanti untuk berobat.

“Alhamdulillah, terima kasih YBM PLN saya bisa berobat di sini karena tidak perlu ke rumah sakit lagi. Apalagi pasca banjir ini khawatir gangguan kesehatan saya. Alhamdulillah di sini dapat obat dan vitamin juga setelah konsultasi dengan dokter yang bertugas.” ujar Santi (49) salah satu warga Kampung Kubur.

Senada, Ketua Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS) Aminurasid mengucapkan banyak terima kasih, karena PLN yang sudah membantu mengurangi beban warga, pasca banjir.

“Alhamdulillah… terimakasih PLN, karena telah melaksanakan bakti sosial pengobatan gratis bagi warga Kampung Sejahtera, kegiatan ini sangat bermanfaat dan membantu warga, terlebih lagi bagi korban banjir, semoga kedepannya PLN terus memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat luas, sehingga Indonesia semakin maju. Aamiin Yaa Robbal’allamiin, ujar Rasid.

Sebanyak 100 masyarakat telah tercatat berobat di kegiatan bakti sehat kali ini dengan tetap berusaha menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid-19 dengan membagi masker dan menyediakan handsanitizer. (SB/01)