Pjs Wali Kota Canangkan Program kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kota Medan tahun 2020

sentralberita|Medan ~ Keluarga merupakan lingkup terkecil dalam masyarakat yang memiliki peranan penting dalam melahirkan generasi yang berkualitas. Untuk itu melalui program Keluarga Berencana (KB) yang dicanangkan hari ini tentunya dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa KB tidak hanya sebagai program pemerintah dalam pengendalian penduduk melainkan untuk menciptakan keluarga yang berkualitas baik dari berbagai sektor.

Hal ini diungkapkan Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Medan Ir Arief S Trinugroho MT saat mencanangkan program kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kota Medan tahun 2020 di Pendopo Rumah Dinas Jalan Sudirman No 35 Medan, Kamis (26/11) pagi.

Dikatakan Pjs Wali Kota, kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan dilaksanakan secara terpadu oleh tim penggerak PKK kota Medan bekerjasama dengan OPD terkait lainnya diantaranya Dinas Pengendalian Penduduk dan KB serta Dinas Kesehatan Kota Medan yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan pelayanan merata khususnya dalam pelayanan KB.

“Kontribusi ini diwujudkan secara nyata terhadap cakupan pelayanan KB dan kesehatan yang dilakukan oleh kelompok dasawisma, posyandu, institusi masyarakat pedesaan/perkotaan (IMP), pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dan lainnya, terutama pelayanan pada daerah terpencil, daerah tertinggal, dan daerah perbatasan khususnya bagi masyarakat/keluarga miskin,” ucap Arief.

Guna menyikapi tantangan baru dalam pengendalian penduduk, sambung  Arief, saat ini PKK telah menjadi agen pembangunan dan agen perubahan terdepan terutama dalam peningkatan kesejahteraan keluarga. “Kiprah PKK di lingkungan masyarakat juga menjadi salah satu ikon civil society dalam peningkatan kesejahteraan keluarga dan menjadi lebih berdampak efektivitasnya dengan adanya kader PKK yang menjangkau sampai ke tingkat kelurahan,” jelas Pjs Wali Kota Medan.

Lebih lanjut lagi, Pjs Wali Kota Medan juga menambahkan kegiatan peningkatan kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan merupakan bagian dari upaya dalam mengintensifikasi lintas sektor di bidang pemberdayaan keluarga, pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana dan kesehatan yang bertumbuh kepada kader-kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai fokus sasaran utama.

“Karena itulah saya berharap kegiatan kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang tertuang dalam 10 program pokok PKK,” harap Pjs Wali Kota Medan.

Di Akhir sambutan tidak lupa Pjs Wali Kota Medan menghimbau kepada seluruh pengurus PKK agar menjadi agen pemutus penyebaran covid-19 dengan cara melakukan pencegahan sejak awal melalui penerapan protokol kesehatan dimanapun berada.

Senada dengan Pjs Wali Kota Medan, Pjs Ketua TP PKK Kota Medan, Dian Rumondang Arief Sudarto Trinugroho dalam sambutannya mengatakan kegiatan hari ini merupakan salah satu agenda yang telah diprogramkan sebagai wadah menyikapi dan menampung berbagai perubahan dan tingkat kebutuhan yang terus berkembang dalam gerakan PKK terutama dalam menyangkut program yang menjadi kegiatan penting untuk mewujudkan aspek pemberdayaan dan aspek kemitraan.

Melalui kegiatan pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kota Medan yang setiap tahunnya secara rutin dilaksanakan, Pjs Ketua TP PKK Kota Medan menjelaskan tujuan dari kegiatan ialah untuk meningkatkan cakupan layanan yang berkualitas dalam program pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, KB dan kesehatan dengan harapan dapat menjadi acuan dalam menindak lanjuti berbagai kegiatan PKK-KB -Kesehatan mengingat pada saat ini banyak perubahan yang harus diikuti sehingga Kota Medan tidak mengalami ketertinggalan dengan Kab/Kota lainnya yang ada di Sumut.

“Saya pada kesempatan ini mengajak kepada kita semua, mari kita wujudkan kesiapan TP PKK Kota Medan disemua jenjang tingkatan dalam mempersiapkan berbagai hal yang akan ditindaklanjuti di Kota Medan setelah kita menerima informasi dari para narasumber yang akan disampaikan pada hari ini,” ucap Dian.

Pada kesempatan ini, juga diumumkan beberapa lomba-lomba dalam rangka bulan bakti PKK KB Kesehatan diantaranya Lomba Pelaksana terbaik Kesatuan Gerak PKK-KB- Kesehatan, Lomba Pelaksana Terbaik Perilaku Hidup Bersih (PHBS), Lomba Pelaksana Terbaik Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS), Lomba Kelompok PIK-R dan Lomba Pelaksana Terbaik Posyandu.

Kemudian, Penyerahan Bantuan BKB Kit Stunting dan BKB Kita Reguler untuk 10 Lokus Kecamatan diberikan secara simbolis kepada Kecamatan Medan Maimun dan Kecamatan Medan Amplas. Serta penyerahan bantuan bagi Kader KB PPKB/Sub PPKBD Kit untuk 32 orang kader.

Turut hadir dalam kegiatan pencanangan PKK-KB-Kesehatan ini Pjs Ketua TP PKK Kota Medan, Dian Rumondang Arief Sudarto Trinugroho, Wakil Ketua I TP PKK Kota Medan, Ismiralda Wiriya Alrahman, pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan diantaranya Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Drg. Usma Polita, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Edwin Effendi, M.Sc, dan Kepala Dinas, P3A&PM, Khairunnisa, SE.,MM. Selain itu hadir juga perwakilan dari Bhayangkari Polrestabes Medan, Dewi Srimulyono.(SB/RF)