Saat Aulia Rachman Bagikan Masker, Pedagang Pusat Pasar Curhat

sentralberita|Medan~Calon Wakil Wali Kota Medan nomor urut 2 H Aulia Rachman membagikan masker kepada pedagang dan warga yang tengah belanja di Pusat Pasar Medan, Jalan Sutomo, Medan, Jumat (16/10/2020).

Hal itu dilakukannya, agar masyarakat tetap mengindahkan protokol kesehatan untuk mengurangi penyebaran covid-19. Bagi-bagi masker dilakukan sembari ia berkeliling melihat kondisi Pusat Pasar Medan.

“Pakai masker ya buk. Kita harus tetap jaga protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19. Apalagi di pusat keramaian seperti di pajak ini,” kata Aulia Rachman.

Dalam kesempatan itu, pasangan Bobby Nasution ini juga menghampiri beberapan kios pedagang. Kepada pedagang, ia menanyakan apa kendala dan permasalahan yang terjadi.

Persoalan yang ditemukan terkait dengan ventilasi udara, banjir dan kurang maksimalnya perbaikan fasilitas yang ada di Pusat Pasar. Hal itu diungkapkan oleh seorang penjahit yang sudah puluhan tahun beraktivitas di Pusat Pasar Medan.

“Saya sudah lebih tiga puluh delapan tahun menempati kios untuk berdagang kain di Pusat Pasar ini pak Aulia. Tapi sampai sekarang belum ada perbaikan yang maksimal dari Pemko (Medan). Ventilasi udaranya juga gak ada. Kalau hujan turun, itu di lantai bawah airnya sampai dengkul orang dewasa,” ucap Sam Tanjung penjahit pakaian.

Mendengar keluhan pedagang, mantan Ketua Komisi 2 DPRD Kota Medan itu menegaskan bahwa, dirinya bersama Bobby Nasution berupaya untuk melakukan pembenahan terhadap pasar tradisional yang ada di Medan. Terlebih Pusat Pasar yang merupakan sentral untuk para pembeli baik dari dalam dan luar kota.

“Untuk Pusat Pasar, ke depan harus ada perubahan dan perbaikan infrastrukturnya. Seperti drainase, ventilasi udara dan lainnya. Sebab ini adalah pasar terbesar dan menjadi sentral pasar tradisional. Orang dari luar kota pasti ke sini untuk berbelanja bahkan mencari oleh-oleh,” tegas putra dari H Razali Doyong.

Permasalahan yang terjadi di Pusat Pasar, juga ditemukan di Pajak Petisah serta dibeberapa pajak tradisional di Medan. Terutama persoalan banjir.

Usai membagikan masker dan bertemu dengan pedagang, Aulia Rachman kemudian melaksanakan salat Jumat berjamaah dengan pedagang di Masjid yang berada di lantai 4 pasar tradisional tersebut.(SB/01)