Bobby Nasution Ingin Makmurkan Masjid, Hancurkan Maksiat!

sentralberita|Medan~Muhammad Bobby Afif Nasution ikut sumbang pikiran demi kemajuan manajemen Masjid di Kota Medan.

Hal itu diketahui saat Bobby Nasution hadiri giat Pelatihan Manajemen Masjid oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Medan di Avros Park Jalan Avros Medan Kamis (29/10/2020).

Pelatihan itu sendiri diikuti oleh banyak pengurus BKM sekota Medan. Dari banyak hal yang dibahas untuk diterapkan di masjid, Ketua DMI Medan Ir Ahmad Parlindungan bilang bahwa kemakmuran Masjid mencakup juga kemajuan ekonomi dan kesehatan umat.

“Bagaimana masjid bisa jadi penggerak ekonomi umat, maka kami akan coba bangun masjid mart misalnya, atau kopi masjid yang sudah ada di beberapa masjid di Kota Medan. Hasilnya bisa dibagi ke masjid, dan masjid mengeluarkan lagi untuk kemaslahatan umat,” kata Parlindungan yang mengaku sudah berdiskusi dengan Bobby Nasution terkait kemajuan ekonomi umat yang dimulai dari masjid.

Ada contoh yakni Masjid Abidin di Simpang Jalan Pelangi yang telah berhasil menjalankan banyak program keumatan. Membenahi kemampuan baca Al-Quran jamaah dengan program tahsin.

“Kami juga membangun warung kopi di halaman masjid, hingga memberikan beasiswa kepada anak-anak jamaah untuk lanjut studi hingga perguruan tinggi,” kata Azhari, perwakilan dari BKM Masjid Abidin.

Bobby Nasution pada kesempatan itu menjelaskan, sebagai umat Islam, anak muda harus bisa berikan ide untuk jadi penggerak perekonomian, perubahan hingga peradaban baik kepada masyarakat di sekitar tempat tinggalnya.

“Masjid bisa jadi penggerak perekonomian. Pemuda Muslim harus bergerak untuk keumatan, dimulai dari lingkungan kita. Tujuan kita adalah memakmurkan masjid, masjid makmur maka akan makmur pula sebuah kota,” kata Bobby Nasution.

Jika disetujui oleh para pengurus masjid yang ada di Kota Medan, maka Bobby Nasution siap menjadikan masjid sebagai salah satu penggerak ekonomi umat.

“Saya ingin bentuk koperasi masjid, bank wakaf masjid. Bahkan kami sudah punya Atm beras untuk diberikan kepada masjid. Maka saya minta disepakati dulu kalau boleh, kita akan buat,” papar Menantu Presiden Jokowi itu.

Lebih dahsyat lagi, Bobby Nasution juga ingin mensepikan tempat-tempat maksiat di Kota Medan.

‘Masjid kita makmurkan kita juga harus sepikan tempat maksiat, tempat narkoba. Jika diperlukan akan dilaksanakan tindakan ekstrim untuk menghancurkan tempat maksiat. Pemimpin harus berani untuk itu,” kata Bobby.

Ustaz Syafrizal Harahap, sekretaris DMI Medan sebut Bobby Nasution punya komitmen kuat terhadap program keumatan.

“Banyak program umat yang disiapkan Bobby, mulai dari MDTA, magrib mengaji, beasiswa hingga membangun Islamic Center,” kata Ustaz Syafrizal.

Dari data DMI, saat ini di Medan terdapat sekitar 1.083 masjid. Ditambah musala jumlahnya mencapai 1.700-an.(SB/01)