Polres Nisel telah gelar latihan pra operasi OPS Mantap Praja Toba

sentralberita|Nias Selatan ~ Jelang pilkada 2020 yang akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia khususnya Nias selatan Sumatera Utara,polres Nias selatan turut menggelar latihan pra operasi mantab praja Toba 2020 dan simulasi sistem pengamanan kota dengan sistem yang lebih sederhana yakni TFG(Tactical floor game) atau lebih dikenal dengan sistem simulasi pengamanan dengan menggunakan alat peraga,yang bertujuan untuk mempersiapkan tim untuk mengamankan proses Pilkada 2020 Nias Selatan.

Dimana pada setiap pelaksanannya harus sesuai dengan protokol kesehatan tentang pencegahan penyebaran Covid-19

Kegiatan simulasi sistem pengamanan kota dengan sistem TFG ini dilaksanakan di aula simuk polres Nias selatan,hanya melibatkan massa personil polres Nias selatan dalam jumlah terbatas dikarenakan masa pandemi covid 19 belum usai.

kegiatan ini diikuti oleh Kapolres Nias Selatan,Danlanal Nias,Danramil Teluk Dalam,Kajari teluk dalam,Ketua KPU dan Ketua Bawaslu,PJU Polres dan beberapa personil polres Nias selatan lainnya.

Dalam proses pengamanan, Polres Nias Selatan bekerjasama dengan TNI Angkatan Darat (AD) dan Angkatan Laut (AL).

Kabag Ops Polres Nisel Kompol Juny Herymon Situmorang, SH menjelaskan dalam materi yang dipaparkan bahwa proses pengamanan meliputi tahapan debat calon, kampanye sampai pada pemilihan 9 Desember 2020.

Setiap porsonel TNI-Polri tetap dalam posisi siaga penuh dan melaporkan setiap kondisi secara terinci.

Dalam sambutannya,Ketua Bawaslu Nias Selatan mengapresiasi sinergitas Polres dalam proses pengamanan Pilkada sesuai dengan protokol kesehatan.

“Ini hajat orang banyak, pihak keamanan harus benar-benar siap apalagi Covid-19 tidak mengenal siapa yang akan dijangkitnya.

Jadi, jajaran Bawaslu sangat berharap dan mengapresiasi ketegasan dari pihak keamanan TNI-Polri dalam mengamankan Pilkada sambil menerapkan protokol kesehatan tentang pencegahan penyebaran covid-19″ Kata Alismawati Hulu.

Pihak Kepolisian Resort Nias Selatan menghimbau kepada masyarakat agar tetap patuh terhadap protokol kesehatan dalam mengikuti setiap tahapan Pilkada 2020 di Nisel.dan berharap dapat sejalan dengan Maklumat Kapolri Nomor MAK/3/IX/2020 tentang KEPATUHAN TERHADAP PROTOKOL KESEHATAN FALAM PELAKSANAAN PEMILIHAN TAHUN 2020 dan tetap menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), menjaga kebersihan dan tetap jaga jarak serta hindari kerumunan warga.(SB/01)