Pengibaran Bendera dari Bawah Laut di Poncan Gadang Sibolga

sentralberita|Sibolga ~ Pengibaran Bendera Merah Putih dari Bawah Laut yang merupakan rangkaian Kemah dan Bakti Lingkungan yang digelar Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab) di perairan Poncan Gadang, Kota Sibolga, Sumatera Utara berlangsung sukses, Senin (17/8/2020).

Pengibaran tersebut dihadiri Forkopimda, di antaranya Wali Kota Sibolga H.M Syarfi Hutauruk, Danrem 023 Kawal Samudra yang menjadi inspektur upacara, Kolonel Inf Febriel Buyung Sikumbang, Danlanal Sibolga Letkol (P) Laut Laut Benhard Marimbun Simaremare M.Tr.Hanla, Dandim 0211/TT Letkol Inf Dadang Alex dan Kapolres Sibolga AKBP Triyadi. Hadir pula para Pengurus KPOTI Sumut.

Pengibaran dilakukan sebanyak 6 penyelam dari kedalaman 7 meter dan bendera berkibar di atas tiang setinggi 5 meter. Detik-detik kemunculan bendera di permukaan laut terasa mendebarkan. Sekitar 6 perenang juga mengawal proses pengibaran di permukaan laut.

Terlihat sejumlah kapal mengawal proses tersebut. Di antaranya KAL Mansalar, kapal Polairud, kapal Perikanan Sibolga dan LCR Basarnas. Forkopimda yang hadir tampak di atas kapal menyaksikan dari dekat detik-detik pengibaran.

Sementara, ratusan peserta berbaris di sepanjang pantai Poncan Gadang. Dan sukses, bendera akhirnya mencapai puncak tiang dan berkibar dengan gagah.

Usai prosesi pengibaran, Wali Kota Syarfi dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang digelar Komantab tersebut. Ia mengaku, apa yang dilakukan komunitas tersebut menunjukkan rasa kecintaan dan patriotisme kepada bangsa.

“Kecintaan kita terhadap tanah air, kecintaan kita terhadap merah putih, rasa cinta kebangsaan kita terhadap bangsa yang mendalam, dan tidak boleh ada yang tercabik, walau berbeda agama dan keyakinan tetapi kita tetap satu untuk tanah air indonesia kita,” kata Wali Kota.

Syarfi pun mengajak, agar apa yang dilakukan Komantab dapat menjadi contoh bagi generasi muda lainnya, maupun oraganisasi kepemudaan ataupun masyarakat pada umumnya.

“Mereka ini kan sangat peduli terhadap lingkungan, kegiatan ini patut kita contoh, terkhusus untuk generasi muda saat ini. Saya berharap agar ini dipertahankan, ini kan sudah empat kali, kalau bisa setiap tahun terus dilakukan dan dipertahankan,” ucapnya.

Sementara, Ketua Komantab Damai Mendrofa mengapresiasi dukungan serta kehadiran Wali Kota Sibolga dan Forkopimda terutama saat prosesi pengibaran berlangsung.

Damai menjelaskan, selain pengibaran bendera dari bawah laut sebagai puncak kegiatan, sejumlah rangkaian acara juga telah digelar sejak Minggu (16/8/2020).

“Di antaranya kemping pinggir pantai, diskusi lingkungan, aksi bersih plastik di pantai, pementasan silat hingga pementasan seni hingga lomba permainan rakyat,” kata Damai.

Sebelumnya, di hadapan Forkopimda yang diajak duduk bersama di atas bangku Ecobrik di hadapan peserta Kemah dan Bakti Lingkungan, Damai juga menjelaskan berbagai kegiatan yang selama ini telah digelar pihaknya.

Misalnya kampanye penyelamatan Penyu, kampanye meminimalisir penggunaan plastik, ekspedisi Bunga Bangkai, ekspedisi dan penanaman pohon di bukit meriam Bottot, penurunan artificial reef di perairan Poncan, aksi-aksi bersih dan ecobrik dan sejumlah aksi lainnya, yang muaranya mengkampanyekan upaya perlindungan kawasan pantai barat Sumatera Utara.

“Apa yang kami lakukan merupakan komitmen menjaga kelestarian lingkungan hidup terkhususnya ekosistem laut di pantai barat,” pungkas Damai.(SB/01)