KPU Medan Umumkan Pendaftaran 4-6 September, Paslon Wajib Datang & Diingatkan Jangan Daftar Injury Time

Agussyah R Damanik dan Rinaldi (SB/F-01)

sentralberita|Medan~KPU Medan Umumkan Pendaftaran 6-9 September, Paslon Wajib Datang dan Dingatkan Jangan Daftar Injury Time

sentralberita|Medan~ Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mengumumkan pendaftaran pasangan bakal calon (Paslon)Pilkada Medan dimulai pada 4 sampai 6 September 2020 dan penetapan 23 September 2020.

“Pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WIB,” kata Ketua KPU Kota Medan Agussyah R Damanik didampingi komisioner KPU Kota, Medan M Rinaldi Khair pada temu pers di sekretariat KPU Medan Jalan Kejaksaan, Jum’at (28/08/2020) sore.

Menurut Agussyah, khusus di hari terakhir , pendaftaran bakal pasangan calon berakhir pada pukul 24.00 WIB.

Pada saat mendaftar, kata dia, pimpinan partai politik pengusung (ketua dan sekretaris) wajib datang, termasuk juga pasangan calon yang diusung.

Para jurnalis

“Jika berhalangan hadir perlu menunjukkan surat berhalangan dari instansi terkait, jika tidak alasan prosen pendaftaran tidak diterima” katanya.

Selanjutnya disampaikan, pendaftaran Paslon jangan dilakukan pada injury time,supaya punya waktu yang cukup memproses berkas dokumen sebagai persyaratan yang telah ditetapkan.

Bakal pasangan calon yang mendaftar wajib menyerahkan dokumen dukungan dari partai politik pengusung”ujar M. Rinaldi Khair.

Rinaldi juga mengimbau agar bakal pesangan calon lebih awal mempersiapkan berkas-berkas pendaftaran berkaitan dengan persyaratan yang ditetapkan.

“Sebab pada tanggal 4 adalah hari Jumat. Sementara tanggal 5 dan 6 hari libur. Siapa tau ada kekurangan berkas yang perlu diurus ke instansi sehingga tidak repot,” katanya seraya menambahkan dalam perubahan Peraturan KPU akan diatur penerapan protokol kesehatan namun masih berbentuk draft ,”katanya.

Terkait massa yang hadir pada pendaftaran pihaknya telah melakukan pembatasan, yang boleh masuk ke areal pendaftaran adalah ketua dan sekretaris partai pengusung, calon, pihak penyelenggara, Penghubung (LO) Paslon termasuk wartawan yang terbatas.

Di luar pagar yang mengantar sulit membambatasinya, namun telah menyampaikan kepada terkait agar tidak melakukan mobilisasi massa. Demikian juga KPU Medan telah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian terhadap kemungkinan jalan ditutup.

Untuk penerapan protokol kesehatan, Rinaldi, KPU melakukannya sesuai dengan aturan yang ada seperti pake masker, berjarak dan cuci tangan.(SB/01)