Rumah Kolaborasi, Tonggak Pergerakan Kaum Milenial dan Relawan Bobby Nasution Menuju Medan Lebih Maju

sentralberita|Medan ~ Dendang Melayu ala grup Lebah Begantong, Ketipak Ketipung Melalak mengiring kedatangan Bobby Nasution ke Rumah Kolaborasi di Jalan Cut Mutia Medan, Rabu (1/7/2020).

Calon Walikota Medan inipun disambut puluhan relawan dan Direktur Rumah Kolaborasi, Dedi Ardiansyah. Memberikan kata sambutan, Dedi mengungkapkan setiap 1 Juli, Kota Medan memperingati hari jadinya. Sebagai warga yang baik, maka dibutuhkan sumbangsih saran dan masukan bagi keberkahan kota ke depannya.

Untuk itu pula, Sekretariat Bersama Relawan Bobby Nasution menjadwalkan sejumlah kegiatan. Salah satu di antaranya pengukuhan Rumah Kolaborasi di Sekretariat Bersama Relawan Bobby Nasution di Jalan Cik Ditiro Medan.

“Pengukuhan Rumah Kolaborasi menjadi tonggak pergerakan dan sumbangsih anak muda bagi Kota Medan yang lebih baik dan berkah. Rumah Kolaborasi juga diharapkan menjadi wadah kreatif anak muda, kaum milenial dan para relawan serta ruang aspirasi bagi seluruh masyarakat Kota Medan,” kata Dedi.

Dijelaskannya, peluncuran ini dihadiri 24 ketua kelompok relawan. Kepada para relawan, ungkap Dedi, telah dilakukan pelatihan dan pengenalan. Dan pada bulan Juli ini, para relawan akan mulai bergerak melakukan kampanye.

“Tapi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, relawan akan bergerak dengan mengikuti protokol kesehatan,” jelas dia seraya mengungkapkan dalam waktu dekat ada sekitar 5 relawan lagi yang akan bergabung di Rumah Kolaborasi.

Relawan- relawan yang hadir diantaranya, BOMBON, Kawan Bobby, Sahabat Bang Bobby, Sahabat Bobby, BONUS, Satu Hati, Rebon, Bimantara, DNT, Berkah, FORMASI, KOMAT Pro Bobby Nasution, GMB, RKB, Reborn, BONDAN, BONSAI, PABANSU, PMN, KAMIJO, PPMI dan ustad Buchori.

Di kesempatan ini, Bobby mengharapkan agar nantinya Rumah Kolaborasi ini aktif dan menjadi dasar pergerakan para relawan dibawah satu komando. Dengan satu komando, diharapkan relawan bisa menatap masa depan Medan lebih baik.

“Dengan dibukanya Rumah Kolaborasi ini, kita tidak hanya memberikan harapan kepada Medan, tapi turut bekerja untuk Medan,” jelas dia.

Pengusaha properti milenial ini berharap, relawan dapat memberikan masukan-masukan untuk menjadikan Medan lebih baik.

“Tahun ini, kita memberikan masukan untuk perubahan Medan. Tahun depan, kita harus sudah bisa bekerja membuat Medan lebih baik,” ucap suami dari Kahiyang Ayu ini.

Melalui gerakan yang dilakukan relawan, pengagas #KolaborasiMedanBerkah ini berharap pada 9 Desember 2020 nanti, masyarakat ramai datang ke Tempat Pemilihan Suara (TPS), untuk memberikan suaranya.

Usai mendengarkan sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng HUT Kota Medan ke 430. Para relawan pun menyempatkan diri melakukan foto bersama calon Walikota Medan pilihannya.

Dalam peluncuran Rumah Kolaborasi, dilaksanakan juga webinar bertajuk Parlemen Milenial Medan. Lima narasumber dari kaum milenial, memaparkan permasalahan Kota Medan dari sisi pendidikan, ekonomi, lingkungan hidup, serta kesehatan.

Di kesempatan ini, Bobby Nasution turut berbagi pengalaman saat dia memulai usaha. Katanya, ketika terjun ke suatu usaha, yang paling berat mendapatkan apresiasi untuk pertama sekali.

“Semua kaum milenial, juga dihadapkan pada masalah ini. Sulit mendapatkan kepercayaan sesama pengusaha, sulitnya dapat supporting perbankan hingga pemerintah. Banyak juga yang under estimate,” ungkap dia.

Mungkin, imbuh ayah Sedah Mirah Nasution ini, bagi pengusaha yang sudah eksisting, mengeluarkan dana untuk keamanan dan lainnya, bukan masalah. “Tapi pengusaha yang merintis dari nol, uang Rp 20 ribu per hari, tentu sangat berat,” jelas dia.

Untuk itu, terangnya, jika suatu daerah mau memajukan kaum milenial, anak muda kreatif harus diapresiasi dahulu. (*)
[18:29, 7/1/2020] Ayah: Opsi judul:
-Hadiri Launching Warung Sedekah di Belawan, Bobby Disambut Sholawat

-Bobby Nasution Didaulat Menjadi Pembina Komunitas Sedekah Jumat

MEDAN- Alunan Sholawat Nabi dihaturkan saat menyambut kedatangan Bobby Afif Nasution di Warung Sedekah Berkah Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) di Belawan Rabu (1/7/2020).

Warung Sedekah Berkah ini merupakan aksi sosial dari KSJ untuk meringankan keperluan masyarakat kecil di Kecamatan Medan Belawan. Warung Sedekah ini sendiri sudah punya tiga cabang termasuk yang di Belawan berada tepat di depan Pelabuhan.

Konsep Warung Sedekah adalah makan secukupnya atau bahkan sepuasnya tapi bayar hanya seikhlasnya. Bahkan kalau benar-benar tidak punya uang untuk membayar maka tidak jadi masalah.

Hal itu dijelaskan Ketua Umum KSJ Saharuddin. “Warung Sedekah di Belawan ini yang kedua. Hari ini juga akan dibuka cabang ketiga di Medan Marelan,” kata Saharuddin.

“Kehadiran Warung Sedekah ini bisa digunakan bagi abang-abang becak dan lapisan masyarakat kecil yang butuh makan tapi kurang mampu,” sambung Saharuddin.

Warung Sedekah ini tak lepas dari kolaborasi sejumlah pihak. Dukungan penuh datang dari AKBP Ikhwan Lubis mantan Kapolres Belawan yang kini menjabat Kapolres Batubara. AKBP Ikhwan Lubis merupakan Pembina KSJ pusat.

Camat Medan Belawan, Ahmad SP juga mensupport KSJ. Maka itu kolaborasi ini menjadi apik dan mendapat apresiasi dari Bobby Afif Nasution yang menggagas gerakan #KolaborasiMedanBerkah untuk membangun Kota Medan.

Saharuddin kembali menjelaskan, kehadiran Bobby Afif Nasution pada kegiatan itu sebagai berkah untuk semua pihak. Terkhusus bagi masyarakat Medan Utara.

Saharuddin juga sampaikan juga kondisi Belawan dan kecamatan lain di Medan Utara. Maka itu Saharuddin menaruh harapan bila Bobby diberi amanah memimpin Kota Medan akan peduli terhadap Medan Utara.

“Masalah sosial, infrastruktur dan penataan wilayah menjadi PR yang mudah-mudahan bisa diselesaikan oleh Bang Bobby,” kata Saharuddin.

Saharuddin yakin Bobby bisa melakukan hal itu karena punya jaringan kuat di pusat.

Camat Medan Belawan Ahmad SP yang juga pengurus KSJ menyebutkan Bobby sebagai pangeran. “Cita-cita Bobby Insya Allah tercapai. Semoga kegiatan KSJ dengan warung sedekah ini membawa keberkahan bagi kita semua,” kata Ahmad.

Pada kegiatan itu diisi pula tausiah dari Ustad Samin Pane yang akrab disebut Ustad Sampan. Beliaulah bersama ibu-ibu yang hadir melantunkan sholawat nabi saat menyambut kehadiran Bobby.

Dalam tausiahnya, Ustad Sampan mengatakan barang siapa mengucapkan sholawat di dalam satu majelis maka dosa-dosa sebanyak butiran hujan akan diampunkan.

Ustad Sampan juga menyebutkan bahwa tidak ada orang yang jatuh miskin karena suka berbagi.

“Saat mati akan menyesal waktu hidup tidak sedekah, ingin kembali ke dunia tapi sudah terlambat. Kalau mau memberi sekarang saatnya saat masih hidup,” katanya.

Bobby Afif Nasution tentu saja mengapresiasi dibukanya Warung Sedekah Berkah di Belawan oleh Komunitas Sedekah Jumat tersebut.

Bobby pun tampak senang ketika dia melihat kehadiran anak-anak yatim pada kesempatan itu.

“Alhamdulillah ada juga bersama kita anak-anak kesayangan Rasulullah yakni anak-anak yatim,” kata Bobby yang juga Wakil Ketua Umum HIPMI Pusat.

Menurut jebolan S2 Agrobisnis IPB itu, komunitas seperti ini bisa dijadikan alat atau roda penggerak bagi masyarakat atau pemerintah. Terutama untuk memotivasi yang berkecukupan untuk ikut andil dalam berbagi.

“Nampaknya kecil, tapi efeknya bagi teman-teman yang memerlukan walau hanya sekedar makan siang, itu sangat berarti,” lanjut Suami Kahiyang Ayu itu.

Kolaborasi antar pihak, kata Bobby akan menghasilkan sesuatu yang baik. Terutama pemerintah harus bekerja dengan menggandeng banyak pihak tidak bergerak secara individual.

Soal Medan Utara, Bobby menyatakan keinginan untuk fokus membangunnya andai dia diberi amanah kelak.

Bobby melihat, aktivitas perekonomian sangat tinggi di Medan Utara harusnya Kecamatan di Medan Utara jadi penguat ekonomi Kota Medan.

“Di sini perekonomian kuat tapi masih ada masalah sosial seperti putus sekolah, kemiskinan dan lainnya. Medan Utara
Harus jadi daerah sejahtera, baru akan jadi pembangunan kekuatan ekonomi,” papar Bobby.

Dalam kesempatan itu, Ayah Sedah Mirah itu memberikan santunan kepada anak-anak yatim dan kaum dhuafa yang hadir.(SB/01)