Pemkab Labura Vidcon Dengan Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar

sentralberita I Labura ~ Video Confrece (Vidcon) dalam acara Rangkaian webinar bulan inspirasi yang diselenggarakan kantor perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar dengan Tema”Kiat Sekses Menuju UMKM Digital”. Kamis, (23/7) di command center kantor Diskominfo Labura.

Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H. Kharuddin Syah, SE yang di wakili H.Drs. Raja Saljukdin, M.Si menghadiri kegiatan tersebut sekaligus membuka acara dan dampingi Kadis Pendidikan Suryaman, Kadis Perdagangan dan UMKM, Sahrul Adnan Hasibuan, SE dan Kadis Hanpang Drs. Adu Pagaulan Sitorus

“Ditengah pendemi Covid -19 yang saat ini melanda dunia, dapat di sampaikan bahwa hampir seluruh jenis usaha baik yang berskala UMKM hingga industri berskala besar terdampak, hal ini ditandai dengan menurunnya aktivitas produksi maupun permintaan pasar/komsumen yang melemah.

Hal ini disebabkan diimplementasinya kebijakan pembatasan aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat sebagai upaya menekan laju penularan Covid-19 di Indonesia. Ucap Raja Saljukdin dalam pidato Bupati Saat Vidcon

Asisiten ekonomi dan pembangunan juga menyampaikan dalam pidato Bupati dalam Vidcon” menurut data yang katadata insight center (KIC) dalam bertahan menghadapi pandemi, UMKM di Indonesia melaksanakan dua strategi utama yaitu pertama melakukan efisiensi melalui pengurangan jumlah produk dan jumlah pekerja, starategi kedua adalah dengan berjualan Online.

Sementara itu, sinergitas dengan Kementrian lainnya seperti Kominfo juga dilaksanakan dimana Kementrian kominfo akan berpartisipasi dalam melaksanakan transpormasi digital secara komprehensif dengan menargetkan cakupan 4G diseluruh desa dapat tersambung di 2022 serta mempersiapkan SDM dari setiap palaku UMKM untuk berpartisipasi Aktif dalam Digitalisasi UMKM.

Dalam Video Conference di ikuti oleh kepala perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, Edhi Rahmanto Hidayat, vice president Of Gallery Indonesia Blibli.Com, Andreas Ardian Pramaditya, Ketau UMKM Rendang

ketuju sumbar, Ade Surianto, Owner Rolling Bakery & Cookies, Natali dan Seluruh Kepala Dinas UMKM dan Koperasi Wilayah Pematangsiantar, Batubara, Asahan, Simalungun, Tanjungbalai, Labuhanbatu, Labura dan Labusel.(SB/Wan)