Bobby Inginkan Kawasan Sungai Deli Tidak Lagi Kumuh

sentralberita|Medan~Warga di Kawasan Sungai Deli berharap Kota Medan ke depan dipimpin oleh sosok yang bisa memberi solusi berkeadilan. Mereka pun ingin keluar dari persoalan klasik menyangkut kesejahteraan dan lingkungan kumuh.

Desi Haryanti Sitepu, relawan Komunitas Peduli Anak dan Sungai Deli (Kopasude) mengungkap kondite tersebut saat ditemui wartawan di Medan, baru-baru ini.

Menurutnya, masyarakat yang bermukim di Kawasan Sungai Deli akan rela dan mengikuti arahan pemerintah terkait penataan kota, jika solusinya berkeadilan.

“Apabila mau menggusur masyarakat, sediakan lahan yang layak dan memikirkan segi sosial ekonomi. Dan apabila terjadi penggusuran lahan eks kawasan pemukiman, harus jelas peruntukannya untuk kawasan terbuka hijau, bukan menjadi bangunan komersil,” ucap pengurus Bidang Litbang dan Usaha Kopasude ini.

Pemerintah, jelas dia, harus membuat perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan yang terpadu, terintegritasi dan berkesinambungan. Ini dilakukan mulai dari hulu ke hilir dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, untuk pelestarian Sungai Deli dari segi kualitas air dan sempadan sungainya.

Salah satu solusi berkeadilan yang ditawarkan adalah memanfaatkan lahan yang tersisa di sempadan sungai menjadi ruang terbuka hijau untuk kepentingan publik. Lakukan juga pembersihan sampah secara berkala di badan sungai.

“Agar pemukiman sekitar Sungai Deli tidak kumuh dan layak huni, pemerintah bisa membuat kampung deret dengan konsep panggung di bantaran sungai,” tuturnya.

Kampung deret itu, terang Desi, merupakan konsep rumah susun. Tetapi, lebih memikirkan aspek ekologi. Hunian pun di desain seperti panggung untuk terhindar dari banjir.

Agar dapat terlaksana, sebut dia, dibutuhkan keberanian dan ketegasan dalam menjaga kelestariannya. Sehingga, Sungai Deli bisa kembali bermanfaat besar bagi masyarakat Kota Medan.

Diketahui, dalam berbagai kesempatan bincang-bincang dengan wartawan, Calon Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution melontarkan semangat serupa menyangkut penanganan Kawasan Sungai Deli. Pengusaha properti milenial ini berkeinginan agar Kawasan Sungai Deli tidak lagi kumuh dan kesejahteraan penghuninya bisa lebih baik.

Untuk melihat langsung kondisi di Kawasan Sungai Deli, pengagas #KolaborasiMedanBerkah ini bahkan sudah melakukan kegiatan susur sungai. Sabtu (4/7/2020) lalu, Bobby Nasution memanfaatkan libur akhir pekan bersama Kopasude menyusuri sungai dengan perahu karet. Dia pun mengaku melihat dan mendengar banyak permasalahan.

“Saya melihat, untuk mengatasi permasalahan Sungai Deli ini kita harus berkolaborasi dengan semua pihak,” tukas Alumnus Magister Sains Agribisnis IPB ini.

Bobby Nasution juga melihat jelas kesenjangan ekonomi di kawasan tersebut. Dengan tingkat kesejahteraan yang rendah, kata ayah Sedah Mirah Nasution ini, hadir masalah lainnya seperti anak putus sekolah, peredaran narkoba, kriminal, dan buruknya kualitas gizi generasi penerus bangsa yang bermukim di tepi Sungai Deli.

“Ini tanggungjawab kita bersama, hingga bagaimana masyarakat di sini dapat diberdayakan agar bisa meningkatkan kesejahteraannya. Maka, sangat perlu kolaborasi dari kita semua agar anak-anak generasi penerus bangsa dari tepi Sungai Deli mendapatkan gizi yang baik, pendidikan berkualitas dan terhindar dari tindak kejahatan narkoba,” tukasnya.

Dalam waktu dekat, menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini pun berencana kembali menyusuri Sungai Deli dengan rute yang lebih panjang.(SB/01)