Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Video Pidato Bung Karno,Akhyar Tanamkan Rasa Nasionalisme & Patriotisme Dalam Diri

sentralberita|Medan ~ Dengan penuh rasa gembira dan bangga, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menyerahkan hadiah pemenang Lomba Video Pidato Bung Karno di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Sudirman Medan, Selasa (9/6).

Lomba yang diikuti pelajar tingkat SD dan SMP sejak 15 Mei hingga 1 Juni dalam bentuk video ini digelar dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila sekaligus menanamkan dan menumbuhkan rasa nasionalisme juga patriotisme.

 Antusias peserta yang mengikuti lomba sangat tinggi. Tercatat, ada sebanyak 500 pelajar yang mengirimkan video mereka saat membawakan 1 dari 14 cuplikan pidato Bung Karno yang menjadi pilihan.

Sebagai bentuk dukungan, lomba video yang digagas Komunitas Medan Cantik (KMC) ini berhadiah biaya pendidikan dari Plt Wali Kota. Dari 500 peserta, terpilih 24 pemenang dengan masing-masing kategori tingkat SD 12 orang dan SMP 12 orang dengan klasifikasi juara 1,2,3 dan juara favorit.

Usai menyerahkan hadiah, Akhyar mengungkapkan kekagumannya kepada para pelajar yang telah ikut berpartisipasi mengikuti lomba video pidato Bung Karno tersebut. Sebab, ungkap Akhyar, selain momentum peringatan Hari Lahirnya Pancasila, juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa percaya diri para siswa sejak usia dini sebagai generasi penerus bangsa.

“Lomba ini juga untuk mengisi waktu anak-anak didik kita di tengah tuntutan belajar mandiri saat kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) saat ini. Dengan begitu, kemampuan dan kreatifitas terus terasah meski berada di rumah.

Kelak ini akan menjadi cikal bakal dan modal anak-anak sekalian untuk berani tampil di hadapan banyak orang sebagai seorang pemimpin layaknya Bung Karno,” kata Akhyar.

 Selanjutnya, Akhyar pun kemudian menceritakan secara singkat biografi presiden Indonesia pertama tersebut. Dengan harapan, perjalanan hidup, filosofi kebangsaan serta falsafah sang proklamator dapat memacu para pelajar untuk bersemangat melakukan, memberikan dan mengabdikan diri untuk kemajuan bangsa Indonesia termasuk Kota Medan di masa mendatang.

  “Kalian adalah calon-calon pemimpin. Kelak jiwa kepemimpinan Bung Karno akan hadir dan tumbuh dalam diri kalian anak-anak ku semuanya. Maka dari itu, jangan pernah lelah dan  berhenti untuk belajar dan mengasah diri serta kemampuan sejak usia dini agar nantinya kalian dapat melanjutkan tongkat kepemimpinan negeri ini. Yakin lah, kalian semua pasti bisa,” bilangnya mengingatkan.

Kepada para orang tua yang hadir mendampingi, Akhyar berpesan agar terus mengawasi anak-anaknya dan memastikan mereka tetap belajar saat berada di rumah. “Lewat ini saya juga mengucapkan terima kasih untuk seluruh guru yang ikut andil membentuk karakter anak-anak didik.

Bagi seluruh siswa, ke depan perbanyaklah membaca untuk mengetahui semangat perjuangan para pendiri bangsa lainnya. Dengan begitu, kita akan lebih mengerti perjuangan, kerja keras dan jerih payah serta besarnya pengorbanan yang dilakukan untuk Indonesia,” harapnya.

 Sebelumnya, Gatha Ginting selaku ketua panitia Lomba Video Pidato Bung Karno mengucapkan terima kasih kepada Plt Wali Kota atas dukungan yang diberikan. Dalam laporannya, pihaknya mengatakan tingginya antusias peserta yang mengikuti lomba tersebut. Untuk hadiah yang diterima pemenang, kata Gatha, berupa uang pendidikan dan sertifikat serta sepeda bagi juara favorit.

  “Terima kasih untuk Bapak Plt Wali Kota atas dukungan yang diberikan. Kami berharap lomba ini dapat menjadikan adik-adik semuanya tetap bersemangat dan memanfaatkan waktu belajar mandiri di rumah dengan berkreatifitas. Semoga ini dapat terus memacu semangat belajar dan menuntut ilmu hingga dewasa nanti,” ujar Gatha.(SB/KU)