Lagi, 2 Orang ASN Pemkab Sergai Kembali Dinyatakan Positif Covid-19

sentralberita | Sergai ~ “Setelah sebelumnya 2 orang ASN Pemerintahan Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dinyatakan positif terjangkit Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), hari ini, Jumat (12/06/2020), kejadian yang sama kembali terulang”

Demikian dikatakan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai, Drs. H. Akmal, AP, M.Si, yang disampaikan kepada wartawan melalui pesan WhatsApp.

Akmal menyebut, kedua orang ASN yang bertugas di Pemkab Sergai masing-masing berinisial JS, pria berusia 35 tahun dan NP, wanita berusia 32 tahun, dikabarkan positif mengidap Covid-19 berdasarkan surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara pasca dirilisnya hasil PCR swab test keduanya di Laboratorium Klinik RS USU tanggal 7 Juni lalu.

Berikut, Juru Bicara Gugus Tugas Akmal menuturkan kronologis kedua korban sesuai dengan informasi yang diperoleh dari Kepala Dinas Kesehatan Sergai, dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes.

“Korban pertama berinisial JS merupakan warga asal Kecamatan Sei Rampah yang sebelumnya digolongkan sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG), berdasarkan hasil tracing yang dilakukan oleh instansi tempat kerjanya.

Bersama dengan 32 orang rekan kerja lainnya, yang bersangkutan menjalani prosedur pengambilan swab sample untuk keperluan PCR test, pada hari minggu, 7 Juni 2020. Lalu hari ini, dari 32 peserta PCR test, 4 orang sudah keluar hasilnya dan 2 di antaranya dinyatakan positif,” sebutnya.

Walau positif Covid-19, sebut Akmal, JS dalam keadaan sehat, tidak mengalami sakit seperti batuk, pilek, demam atau gejala Covid-19 lainnya.

“Malam ini korban langsung dirujuk ke RS G.L. Tobing, Tanjung Morawa, untuk menjalani isolasi dan tindakan medis.” terangnya.

“Sedangkan korban kedua, NP, merupakan warga Kecamatan Perbaungan, yang juga sebelumnya dikategorikan sebagai OTG. Hasil PCR test NP bersamaan rilisnya dengan korban JS. Yang bersangkutan pun terlihat

dalam keadaan sehat dan tidak ada tanda-tanda gejala Covid-19. Malam ini korban juga sudah dirujuk ke RS. G.L. Tobing untuk mendapat perawatan intensif dari pihak medis,” jelas Akmal.

Lebih lanjut, dikatakan Akmal, prosedur kesehatan segera dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran lanjutan.

“Dinas Kesehatan Sergai sedang melakukan serangkaian tindakan preventif dengan melakukan tracing terhadap keluarga atau orang-orang terdekat yang menjalin kontak fisik dengan kedua korban,” jelasnya.

Akmal menyebut, Bupati Sergai Ir H Soekirman selaku Ketua Gugus Tugas berpesan terkait dengan penerapan New Normal (normal baru) yang menekankan agar masyarakat dapat meningkatkan disiplin diri terhadap

protokol kesehatan serta Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sesuai dengan imbauan pemerintah. Imbauan dan penekanan untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran Corona di Kabupaten Sergai.

Hingga saat ini, sudah 11 orang warga Kabupaten Sergai yang dinyatakan positif Covid-19, yaitu 1 orang meninggal, 3 orang dinyatakan sembuh, masing-masing dari Kec. Dolok Masihul dan 7 orang positif dirawat intensif

di RS rujukan antara lain di RS GL Tobing Tanjung Morawa-Deli Serdang sebanyak 4 orang, RS Columbia Medan 1 orang, RS Komang Makes Belawan 1 orang dan RSUD Deli Serdang di Lubuk Pakam 1 orang, Tandas Juru Bicara Gugus Tugas Sergai.(SB/jontob)