Kemendagri Gelar “Skill Competition” Satuan Damkar Se Indonesia

Personel Damkar se Indonesia bakal unjuk kebolehan di Stadion Sultan Agung, Kabupaten Bantul, Provinsi DI Yogyakarta, Ahad (1/3/2020) besok.

sentralberita|Jakarta~Dalam rangka HUT ke-101 Pemadam Kebakaran, Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan skill competition yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh para aparat damkar di daerah.

Dalam keterangan tertulis Staf Khusus Mendagri Kastorius Sinaga, yang diterima awak media, Sabtu (29/2/2020) meebutkan, kegiatan skill competition yang digelar di Stadion Sultan Agung, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, selama tiga hari, 27-29 Februari 2020.

Diikuti oleh 49 kabupaten/kota dari seluruh Indonesia yang memperlombakan beberapa kompetisi, yaitu survival (kemampuan bertahan), ladder pitching (ketangkasan menggunakan tangga) dan hose laying (ketangkasan menggelar selang dan menyemprot).

Dalam upacara pembukaan yang dimpimpin oleh Sekretaris Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Nugroho mengatakan bahwa disamping untuk meningkatkan kompetensi, pelaksanaan kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan kapasitas aparatur Damkar dalam mendukung pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu diharapkan skill competition ini diharapkan dapat memupuk jiwa korsa, semangat juang, dan profesionalitas aparat damkar.

“Skill competition yang kita laksanakan saat ini adalah sebagai ajang untuk menunjukkan dan menguji keterampilan dan pengetahuan petugas pemadam kebakaran sekaligus sebagai wahana untuk evaluasi dalam hal peningkatan kapasitas sumber daya pemadam kebakaran,” tambah Nugroho dalam sambutannya.

Direktur Manajemen penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kementerian Dalam Negeri Safrizal di tempat terpisah mengatakan bahwa perlombaan ini sebagai ajang uji skill yang memang sangat dibutuhkan oleh setiap petugas damkar.

Bahkan ke depannya para pemenang akan dinominasikan untuk ikut uji skill di luar negeri. Dalam kesempatan itu pula diberikan penghargaan kepada petugas pemadam kebakaran atas pengabdiannya dalam upaya memberikan perlindungan dan penyelamatan masyarakat beserta aset nasional/daerah dari bahaya kebakaran meskipun berisiko tinggi bahkan mempertaruhkan nyawa.

“Meskipun kegiatan ini adalah kompetisi, namun kami mengharapkan agar dalam pelaksanaannya sebagai bagian dari keluarga besar pemadam kebakaran untuk mempererat tali persaudaraan silaturahmi antar sesama petugas pemadam kebakaran se-indonesia,” katanya.

Masih menurut Kastorius, acara puncak sendiri akan diadakan pada Ahad (1/3/2020) besok di Stadion Sultan Agung. Menteri Dalam Negeri M Tito Karnavian direncanakan akan menjadi inspektur upacara pada acara tersebut.

Acara akan dirangkai dengan launching Relawan Damkar Indonesia (Redkar) dan akan dimeriahkan dengan water dance yang akan dipancarkan oleh mobil damkar.

“Dengan usianya yang sudah mencapai ke-101, saya berharap agar satuan damkar di seluruh Indonesia benar-benar profesional dan responsif menjadi ujung tombak pelayanan dasar penyelamatan masyarakat dari bahaya kebakaran.

Saya meminta agar seluruh aparat yang bertugas di satuan damkar seluruh Indonesia untuk benar-benar melayani dan memegang teguh motto heroiknya: Pantang Pulang Sebelum Api Padam,” harap Mendagri Tito. (SB/01)