Gabungan Polisi Lalulintas se-Pantai Barat Gelar Operasi Zebra Toba Tahun 2019

sentralberita|Madina~Gabungan Polisi Lalulintas se-Pantai Barat selaku Satlantas Polres Mandailing Natal, hari ini melakukan Razia Kenderaan Bermotor di Jalan Lintas Natal-Tabuyung, di Jalan Raya Kelurahan Pasar I Natal dan Kelurahan Pasar II Natal Kecamatan Natal, selasa (29/10/2019).

Kegiatan Tim Kepolisian yang memasang plank merek Satlantas Polres Mandailing Natal yang bertuliskan “Operasi Zebra Toba 2019” ini, melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan Surat-surat serta Helm seluruh kenderaan bermotor yang berjalan aman, tertib, dan terkendali itu dimulai sejak pukul 10:00 Wib, hingga berakhir pada pukul 12:00 Wib.

Saat itu, tampak seluruh Petugas memakai Pakaian Lengkap Dinas Kepolisian Republik Indonesia yang melakukan penghentian yang kemudian memeriksa seluruh Kenderaan bermotor terhadap kelengkapan seperti STNK, SIM, bahkan Helm pengendara sepeda motor pun dicek apakah SNI (Standar Nasional Indonesia) atau tidak.

Di Jalan Lintas Natal-Tabuyung itu, ketika Kepala Pos Polisi Lalulintas Natal Aiptu Muryanto yang ditemui sentralberita.com menyebutkan, dia membenarkan pihaknya yang tergabung pada Tim Gabungan Polisi Lalulintas se-Pantai Barat itu sedang melaksanakan Operasi Zebra Toba 2019.

Dijelaskannya, petugas yang ikut bersamanya pada Tim Gabungan Polisi Lalulintas se-Pantai Barat untuk melaksanakan tugas Operasi Zebra Toba 2019 di Wilayah Pantai Barat terdiri dari personil Pos Polisi Lalulintas Batang Natal, Pos Polisi Lalulintas Lingga Bayu, Pos Polisi Lalulintas Sinunukan, dan Pos Polisi Lalulintas Natal, sebut Muryanto.

Masih Kepala Pos Polisi Lalulintas Natal itu, dia menjelaskan, bahwa Razia ini akan terus dilakukan Polisi setiap hari sejak tanggal 23 Oktober sampai dengan tanggal 5 November 2019 mendatang, ujarnya.

Sedangkan mengenai wilayah razia yang ada di Pantai Barat ini, sebelumnya di sejumlah Kecamatan juga sudah dilaksanakan razia Kenderaan bermotor ini, mulai dari Kecamatan Batang Natal, Lingga Bayu, dan Sinunukan, yang selanjutnya polisi akan melaksanakan razia di Kecamatan Muara Batang Gadis, ungkap Muryanto.

Ditegaskan Aiptu Muryanto, bahwa Operasi Zebra Toba 2019 ini merupakan kegiatan razia resmi, dan wajib dilaksanakan setiap harinya, secara serentak oleh Semua Jajaran Satuan Polisi Lalulintas di seluruh wilayah Republik Indonesia ini, ucap Kepala Polisi Pos Lalulintas Natal itu.

Dari sekian beberapa pelanggaran yang ditemui petugas saat razia, kebanyakan Surat Tilang itu digunakan untuk pelanggar karena pengendara sepeda motor tak memakai helm, “diharapkan kepada seluruh pengendara bermotor dimana pun berada agar selalu menaati segala peraturan lalulintas, hal itu dihimbaukan adalah demi kenyamanan kita bersama bagu seluruh masyarakat pengguna jalan, dan pakailah selalu helm yang berstandar SNI, selain agar kita tidak ditilang, hal itu juga demi keselamatan kita saat bersepeda motor di jalanan, harap Aiptu Muryanto.
(MAH)