Gatot Susilo Lawrence: Tingginya Biaya Pendidikan Sebabkan Layanan Dokter Belum Maksimal

Para dokter akhli dan pihak Prodia Foto bersama dengan jurnalis usai konfrensi pers

sentralberita|Medan~Dr.dr Gatot Susilo Lawrence, LAO, M.Sc, SpPA(K), DFM, SpF, FESC mengakui layanan medis dalam hal ini para dokter di Indonesia terhadap pasien masih belum benar-benar berkualitas atau maksimal. Padahal kemampuan dan keahlian para dokter Indonesia sudah tidak diragukan dan tak kalah bersaing dengan luar.

Menurut Gatot ahli bidang patologi ini, hal tersebut disebabkan ketika menimba ilmu dimulai dari kampus biaya menjadi seorang dokter itu cukup besar yang dikeluarkan,setelah menjadi dokter bagaimana mengembalikan biaya tersebut tak bisa dipungkiri, sehingga jam dokter terbagi-bagi di berbagai tempat.

Hal ini disampaikannya menjawab wartawan, kenapa saat ini banyak yang berobat ke luar negeri…? pada konferensi pers, usai berbicara pada Seminar “Good Doktor for Better Disease Prevention-Seminar on Disease Prevention Through the Power of Genomic Testing”, Sabtu (7/9/2019) bertempat di GRHA Prodia yang diselenggrakan Laboratorium Klinik Prodia.

Dr.dr Gatot Susilo Lawrence, LAO, M.Sc, SpPA(K), DFM, SpF, FESC Dr. dr. Dina Keumala Sari, MG, SpGK, Dr Ardian Susanto, M.Farm, Apt, Regional Head-Regiion Sumatera Hermin Tikumaqdika, SE, M.Th dengan dipandu Maria jumpa wartawan. (F-SB/01)

Bersama Gatot dalam konfrensi pers itu, Dr. dr. Dina Keumala Sari, MG, SpGK, Dr Ardian Susanto, M.Farm, Apt, Regional Head-Regiion Sumatera Hermin Tikumaqdika, SE, M.Th dengan dipandu Maria.

Gatot yang pernah menjadi saksi ahli kasus kematian Wayan Mirna dan pernah bekerja untuk Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) itu mengaku pemerintah Indonesia saat ini telah menata pelayanan kesehatan ke arah yang lebih baik.

“Saya WA-an dengan dengan pihak pemerintah mengetahui ke depan akan lebih baik layanan kesehatan kita di Indonesia,”ujarnya sambil menyebut saat ini masih ada dokter yang gajinya kecil bahkan di bawah UMR.

Dr Ardian Susanto, M.Farm, Apt pun menyampaikan hasil pemeriksaan para dokter tak kalah dengan luar.

Sementara Dina Keumala Sari menyampaikan sebelum timbul penyakit menular sangat diperlukan pencegahan. Diawal lebih baik, sehingga bisa diantisipasi.

Terhadap Prodia yang datang melakukan pemeriksaan ke laboratorim klinik tersebut bermacam-macam. Ada yang datang sendiri, ada dari perusahaan dan lain sebagainnya. Dan ada juga yang hanya untuk ngambil hasil pemeriksaan saja dan ada juga yang langsung berobat. (SB/01)

Comments