Sosialisasi Pakem, Plt Bupati Asahan Minta Pendataan & Validasi Aliran-Aliran di Masyarakat

sentralberita|Kisaran~ Plt.Bupati Asahan H.Surya,Bsc secara resmi membuka Sosilisasi pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem) untuk Kepala Dusun se-Kabupaten Asahan yang dilaksanakan di Aulia Melati Kantor Bupati setempat,Selasa (23/7/2019).

Di kesempatan itu,Plt.Bupati Asahan, H.Surya,Bsc dalam sambutannya meminta kepada Badan Kordinasi Penganut Aliran Kepercayaan Masyarakat (Bakorpakem) yang baru terbentuk untuk dapat melakukan pendataan dan validasi terhadap seluruh aliran-aliran atau perkumpulan keagamaan yang ada dimasyarakat.

“Perkembangan isu atau fenomena adanya aliran-aliran yang ada dimasyarakat harus di waspadai karena aliran-aluran itu cukup mudah untuk dipelajari dari perangkat teknologi atau interneta.

Oleh karena itu perlu upaya preventif untuk menghindari perecahan,radikalisme atau aliran yang tidak sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan.”jelas Surya.

Dengan sosilisasi ini,diharapkan langkah-langkah yang tepat bagi kepala Lingkungan/dusun dam masyarakat untuk bisa berperan mencegah adanya pengaruh-pengaruh yang bisa menimbulkan suatu gesekan ditengah masyarakat lainnya,karena semata-mata bukan hanya pemerintah dan aparat keamanan saja uang menanganinya ,tegas Surya.

Sementara itu Ketua Tim Pakem Kabupaten Asahan yang juga menjabat sebagai Kajari Asahan,Rahmad Purwanto,SH mengatakan,kegiatan sosialisasi Pakem ini memiliki satu tujuan yaitu memperoleh informasi yang benar tentang adanya aliran kepercayaan dan agama di masyarakat khususnya masyarakat Asahan.

Hadir dikegiatan itu,Plt.Bupati Asahan H.Surya,Bsc,Kajari Asahan sekaligus Ketua Pakem Asahan Rahmad Purwanto,SH,Ketua MUI,Ketua FKUB Asahan,OPD serta ratusan kepala Dusun dan Kepala Lingkungan se Kabupaten Asahan.(SB/ZA)