Sektor e-commerce, Arsitektur dan Penyedia Konten Media yang Paling Banyak Stres

sentralberita|Medan~Stres berat karena beban kerja paling banyak dialami pekerja sektor e-commerce, arsitektur, dan penyedia konten media dibanding dari yang lainnya.

Hal ini terungkap dari Hasil Survei Faktor Psikologi Kerja yang juga menyoroti tugas menumpuk dan kompleks sebagai salah satu faktor penyebab pekerja stres berat

Kondisi tersebut paling banyak dialami pekerja di sektor e-commerce, teknologi informasi, desain komunikasi visual, dan pembuat konten. Status mereka bekerja sebagai freelancer (pekerja lepas), bekerja ganda (kerja tetap dan freelance), dan pekerja harian.

Peneliti dan Divisi Riset dan Edukasi SINDIKASI Fathimah Fildzah Izzati merekomendasikan perusahaan untuk mempertimbangkan risiko-risiko yang memengaruhi kesehatan mental pekerja.

Risiko-risiko tersebut berupa kelelahan karena terlalu banyak lembur dan kekerasan seksual di tempat kerja. Ada juga risiko lainnya di luar tempat kerja, seperti kemacetan.

Upaya lain agar pekerja mampu mengontrol stres, lanjut Fathimah, yakni perusahaan atau pemberi kerja perlu memberikan pelatihan penanganan stres. Pelatihan ini bertujuan mengurangi stres pada pekerja.

“Selain itu, perlu menciptakan sistem baru untuk menciptakan suasana kerja yang sehat,” ujarnya.

Hasil Survei ini dilakukan oleh Serikat Pekerja Media dan Industri Kreatif untuk Demokrasi (SINDIKASI), yang dipaparkan Sabtu, 9 Februari 2019 untuk memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. (SB/mc)

Comments