Ratusan Tentara Amankan Geng

Ilustrasi

Sekitar 300 tentara telah dikirim ke Kota Fortaleza di Brasil utara, untuk mengatasi gelombang kekerasan kriminal yang telah berlangsung dalam beberapa hari terakhir.

Pengiriman ratusan tentara itu, sebagaimana dikutip dari BBC pada Minggu (6/1), merupakan perintah dari Kementerian Kehakiman Brasil sebagai tindakan tegas terhadap puluhan serangan yang terjadi selama hampir sepekan.

Tentara Brasil akan berpatroli di sana dan di seluruh negara bagian Cear. Mereka ditugaskan menghentikan aksi penjarahan dan perusakan toko, bank, dan sarana transportasi publik.

Sebuah rilis video keamanan yang ditayangkan di televisi Brasil menunjukkan para geng kriminal membakar beberapa bangunan, termasuk kantor pemerintahan dan fasilitas publik.

Sekitar 50 tersangka yang diduga terkait dengan aksi kekerasan tersebut kini telah ditangkap.

Serangan itu adalah protes terhadap berbagai kebijakan baru yang lebih keras di penjara lokal, di mana sebagian besar diisi oleh anggota geng kriminal.

Otoritas di negara bagian Cear memblokir sinyal ponsel di dalam penjara, dan juga mengakhiri kebijakan pemisahan narapidana berdasarkan afiliasi geng.

Pengerahan pasukan itu dilakukan hanya beberapa hari setelah pelantikan Presiden Jair Bolsonaro, yang terpilih dengan membawa janji untuk memerangi kejahatan di Brasil. (sb/mc/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.