Deklarator PAN Ibrahim SB Protes Keras, DPW PAN Jangan Bikin Gaduh

Sentralberita| Medan~Penonaktifan Ir. Darbani Dalimunthe dari jabatannya sebagai Ketua DPD PAN Deliserdang yang berujung unjukrasa dan berakhir rusuh yang dilakukan DPC PAN se-Deliserdang, menanggapan tanggan dari Deklarator Partai Amanat Nasional (PAN) Sumut Ibrahim Sakti Batubara, Selasa (28/3/2018),

Menurut mantan Ketua  DPW PAN Sumut ini, seharusnya  DPW PAN Sumut tidak membuat gaduh di tahun politik saat ini. Mantan anggota DPR RI 2009-2014 ini pun  memprotes keras atas keputusan PAN Sumut yang mencopot Darbani Dalimunthe dari jabatannya sebagai Ketua DPD PAN Deliserdang.

“Pencopotan Darbani saat ini dinilai tidak tepat. Inikan sudah masuk tahun politik, harusnya kita sibuk pada penguatan internal dan membangun jaringan ke masyarakat, dan bukan justru menambah gaduh internal,” ujarnya menegaskan,  kegaduhan yang dibuat oleh DPW PAN tidak boleh dibiarkan berlarut.

Secara terpisah, Prof Ibrahim Gultom  yang juga Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumut menyampaikan keprihatinannya atas apa yang terjadi di internal PAN saat ini.

Menurutnya, PAN fokus konsolidasi agar lebih kuat dan jangan membuat kegaduhan. “Ini mau Pemilihan Gubernur dan sebentar lagi Presiden, harusnya kan ini dihadapi dengan menjaga kerukunan agar lebih kuat, dan jangan malah membuat penyelewengan di internal,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan  salah seorang pengamat politik, Shohibul Anshor  Siregar, sangat menyayangkan jika muncul kegaduhan di PAN Deliserdang. Katanya, ada tiga daerah yang sebenarnya menjadi konsentrasi politik karena memiliki jumlah penduduk yang besar, yaitu Medan, Langkat dan Deliserdang.

Muncul kegaduhan di PAN Deliserdang, maka sudah pasti PAN akan melemah disana. “Tentu inikan sangat merugikan bagi PAN karena pasti tidak akan mungkin PAN bisa unggul disana jika sedang dalam keadaan konflik. Bagaimana kader mau kerja jika sedang konflik dan tidak enak hati, bagaimana masyarakat mau percaya sama PAN jika partainya saja pecah belah,” tandasnya.

Oleh sebab itu, Shohibul berharap agar tidak ada kegaduhan di PAN Deliserdang. Jikapun ada masalah, baiknya diselesaikan tanpa ada kegaduhan, mengingat demi menyelamatkan masa depan partai.

Sementara  Ketua DPW PAN Sumut Yahdi Khoir Harahap menanggapi hal ini menyatakan, apa yang disampaikan oleh Ibrahim Sakti merupakan masukan bagi mereka. “Tentu kalau bang Ibrahim nanti meminta, akan kita jelaskan. Bang Ibrahimkan tokoh, senior dan panutan kita juga,” kata Yahdi.

Menurutnya, yang mereka lakukan dengan pencopotan Darbani adalah dalam upaya mengkonsolidasikan kekuatan partai, bukan sebaliknya. Menurutnya, setelah menonaktifkan Darbani, mereka akan segera menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) yang nantinya akan bertugas mempersiapkan Musyawarah Daerah Luarbiasa (Musdalub) PAN Deliserdang. (SB/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.