Mora Sangat Dihormati, Keluarga Nasution Sambut Keluarga Siregar dengan Tortor dan Lemparkan Beras Kuning

Keluarga Nasution sambut keluarga Siregar

Sentralberita| Medan~Mora dalam adat adalah sang pemberi anak gadis. Jadi dalam prosesi ini, keluarga besar Bobby Nasution menyambut kedatangan keluarga Siregar, atau kakak dan adik laki-laki dari ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar.

Keluarga Siregar nampak membawa berbagai persembahan atau indahan tompu robu bagi keluarga Nasution. Sedangkan keluarga Nasution menari tortor sambil berjalan mundur dengan gerakan tangan menyambut kedatangan.

Mora adalah kelompok yang sangat dihormati. Apabila ada horja atau pesta besar seperti pernikahan, harus disambut dengan gembira.

Tortor mundur dilaksanakan hingga ke gerbang aula resepsi. Saat sampai penjaga gerbang kemudian memukul gong. Keluarga Nasution kemudian melempar beras warna kuning ke para keluarga Siregar yang datang sambil berkata, horas!

Mereka semua kemudian duduk di aula resepsi sambil diiringi tabuhan gordang sambilan.

Pesta adat pernikahan Kahiyang Ayu Siregar dan Bobby Nasution masih berlangsung. Saat ini sedang dilakukan prosesi mangalo-alo mora.

Prosesi mangalo-alo mora itu dilaksanakan di Kompleks BHR-Tasbi, Medan, Sumatera Utara, Jumat (24/11/2017). Prosesi ini dimulai sekitar pukul 09.30 WIB tadi. (SB/01)

Comments