Terkait Pembunuhan sekeluarga, DPRD Minta Warga Medan Kurangi Rasa Cuek

Sentralberita| Medan~Aksi pembantaian dan pembunuhan satu keluarga di Jalan Mabar, Medan Deli, Sumut harus menjadi pelajaran bagi warga lainnya. Selain harus waspada, warga Medan diminta untuk mengurangi sifat cuek dan tidak peduli.

“Jadi perlu sekali kita saling peduli terhadap tetangga dan lingkungan sekitar. Jangan cuek. Begitu ada yang mencurigakan hubungi orang di sekitar,” ujar Wakil Ketua DPRD Medan, Iswanda Nanda Ramli, Selasa (11/4/2017).

Menurut Nanda sejauh ini warga Medan semakin jarang melakukan kegiatan bersama seperti gotong royong dan jaga malam. Semakin hari warga semakin sibuk dengan urusan masing-masing sehingga tak peduli pada lingkungan sekitarnya.

Untuk itu jika ada orang asing yang masuk ke lingkungan itu, tidak ada yang memperhatikannya.

“Ini kan bahaya, bahkan ada warga yang malah tak kenal tetangganya,” ucapnya.

Ia mengatakan saat ini Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) perlu digalakkan lagi. Bukan cuma untuk menjaga keamanan, tapi juga menyambung silaturahmi dan menjaga kekompakan.

Dalam hal ini, Kepala Lingkungan (Kepling) memiliki peran yang sangat besar.

“Kepling itu harus menjadi orang yang paling tahu tentang lingkungannya. Mereka juga harus menjadi motor yang menggerakkan kekompakan warga di lingkungannya,” ucapnya. (SB/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.