Soal Pilkada, Polri Tetapkan 21 Daerah Rawan 1, Sembilan Rawan 2

 Sentralberita| Jakarta~ Polri memetakan beberapa daerah yang melaksanakan Pilkada  yang dianggap rawan. Ada 21 Polda rawan 1, dan sembilan Polda rawan 2, kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rikwanto, dalam diskusi “Bersatu Dalam Pilkada” di Cikini, Jakarta, Sabtu (11/2).

Penetapan kategori itu berdasarkan sejumlah indikator. Mulai dari kesiapan daerah, logistik, Linmas, penentuan TPS, sejarah konflik di daerah bersangkutan, potensi konflik parpol, karakteristik masyarakat yang masih tidak peduli atau sangat peduli, sengketa batas wilayah calon dan masih beberapa lainnya.

Untuk DKI Jakarta, Polri menetapkan ibu kota negara ini masuk kategori rawan 1, karena hanya memenuhi empat indikator yang mesti diwaspadai. Sedangkan daerah yang berstatus rawan 2 memenuhi sembilan indikator yang diwaspadai.

“Pada hari tertentu bisa kita nyatakan semakin kondusif. DKI ini kita anggap rawan, tapi rawan biasa. Dalam prosesnya bisa sangat tidak kondusif. DKI rawan 1,” jelas Rikwanto (SB/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.