Hari Jadi ke-270 Langkat Hari ini, Keturunan Sultan Ingatkan Jangan Hanya Serimonial

Keturunan Sultan Langkat Machmud Abdul Djalil Rachmadsyah, T. Onny Razifah Hafas/ dok foto T Onny

sentralberita|Medan~Hari Jadi Langkat ke 270 akan di peringati esok 17 januari 2020 dengan berbagai rangkaian kegiatan yang di pusatkan di ibukota Kabupaten Langkat, Stabat.

Terkait hal tersebut, Tengku Onny Razifah Hafas, yang merupakan salah satu keturunan atau anak cucu (Zuriat) Sultan Machmud Abdul Djalil Rachmadsyah, Sultan Langkat meminta Pemerintah Kabupaten Langkat agar peringatan hari ulang tahun (HUT) Langkat ke-270, tepatnya 17 Januari 2020, tidak hanya sekedar seremonial.

Karena hal ini katanya, pertama kali Langkat berdiri pada zaman kolonial atau penjajahan, yakni 270 tahun silam yang penuh dengan momentum sejarah.

“Peringatan hari lahirnya Langkat pada tanggal 17 Januari 2020, merupakan sebuah momentum yang tidak terlupakan pada masa silam. Dimana pada masa itu sistem pemerintahannya bersifat kerajaan, ujarnya kemarin.

Mari kita merenung dan mengenang sejarah sebagai tolok ukur bagi kita dimasa yang akan datang,” sebut Tengku Onny Razifah Hafas, Kamis (16/1/2020).

Tengku Onny Razifah Hafas juga menyatakan, kontribusi sudah diberikan oleh Sultan Langkat ke III, yakni Sultan Machmud Abddul Djalil Rachmadsyah kepada NKRI.

“Kami selaku zuriat Almarhum Sultan Langkat, tidak pernah meminta balasan jasa, tetapi janganlah hari ulang tahun Langkat ini hanya dijadikan sebagai acara seremonial saja.

Kami dari garis keturunan Sultan Machmud Abdul Djalil Rachmadsyah, yang selama ini dilupakan atau sengaja dihilangkan oleh oknum-oknum yang mementingkan pribadi. Dan mereka bisa berpikir agar sadar diri,”tegasnya

Tengku Onny juga mengisyaratkan, Insyaallah mereka akan membuat perubahan menuju Amar Ma´ruf Nahi Mungkar (berbuat kebaikan kepada sesama umat) demi mengangkat martabat masyarakat adat Langkat. (SB/01)

Comments