Dorong Kemajuan UMKM, Pengusaha Kargo Lokal di Sumut Komitmen Beri Tarif Murah

sentralberita | Medan ~Puluhan pengusaha kargo lokal Sumatera Utara yang tergabung dalam Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara (IPCN), berkomitmen mendorong kemajuan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) dengan memberikan tarif pengiriman murah.

Hal tersebut diungkapkan Beni Syarifuddin selaku Ketua Umum IPCN, setelah menggelar Rapat Koordinasi Nasional di Kota Medan, Sumatera Utara. Dalam rapat yang dihadiri oleh pengusaha kargo dari seluruh kota di Indonesia itu, disepakati beberapa hal termasuk menyesuaikan tarif pengiriman.

“Ini merupakan jawaban dadi kebutuhan masyarakat dalam hal jasa pengiriman. Kita mengumpulkan berbagai jaringan kita yang ada di seluruh pelosok negeri,” kata Ketua Umum IPCN Beni  Syarifuddin di Medan, Jumat (29/11).

Menurut Beni Syarifuddin, para pelaku usaha UMKM terkadang mengeluhkan mahalnya tarif pengiriman barang, sehingga usaha mereka sulit berkembang.

Untuk itu, lanjutnya, para pengusaha yang notabene merupakan pengusaha kargo lokal itu, telah berkomitmen mendukung usaha UMKM dengan memberikan tarif murah untuk mengirim barang di seluruh Indonesia.

“Karena anggota IPCN sudah ada hampir di seluruh Indonesia. Jadi kalau misalnya, dari Medan mau kirim barang ke Papua. Jangan takut lagi dengan ongkos yang mahal,” ujarnya.

Selain memberikan tarif murah bagi pelaku usaha UMKM, IPCN juga tengah mempersiapkan sistem digitalisasi pengiriman barang. Hal itu mengingat perkembangan teknologi yang kian masif.

“Ini kan sudah masuk era industri 4.0. Jadi kita memang sedang menyiapkan aplikasi supaya memudahkan kita dalam berjejaring,” ungkapnya.

Sementara itu, para pengusaha kargo lokal mengaku sangat terbantu dengan telah terkoneksinya jaringan pengusaha kargo lokal di Indonesia. Selain dapat mempermudah pengiriman ke seluruh pelosok negeri, organisasi tersebut telah membantu pengembangan usaha mereka.

Zulham Effendi Siregar, pelaku usaha kargo lokal di Sumut, mengaku hadirnya IPCN sangat membantu usaha Tapanuli Logistik miliknya berkembang.

“Semenjak bergabung kita bisa kirim kemana saja. Omzet kita pun melonjak tinggi,” ungkap Zulham.

Lanjut Beni, IPCN juga siap bersaing dengan perusahaan kargo yang sudah punya nama besar. Saat ini IPCN sudah beranggotakan lebih dari 200 orang pengusaha kargo lokal.

“Prinsip kita adalah bergotong royong untuk sama-sama memajukan usaha kargo lokal,” pungkasnya. (SM/M)

Comments