Seleksi Terbuka Direksi, Kompatir: Idealnya Berasal Dari Internal yang Paham Kondisi PDAM Tirtanadi

sentralberita|Medan~Ketua Harian Komunitas Pelanggan Air (Kompatir) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara, Fachroel Rozi SH mengapresiasi pelaksanaan  seleksi terbuka Calon Direksi BUMD Provinsi Sumatera Utara oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Demikian kata Fachroel Rozi didampingi Sekretaris Kompatir Harist Lunis, SE saat dijumpai wartawan pada kunjungannya ke Divisi Sekretaris Perusahaan PDAM Tirtanadi, Jumat (22/03/2019).

“Kami dari Komunitas Pelanggan Air Tirtanadi mengapresiasi Gubernur Sumut atas dibukanya seleksi Calon Direksi BUMD Provsu khususnya seleksi Direksi PDAM Tirtanadi sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Rozi ini mengatakan, seleksi Calon Direksi PDAM Tirtanadi dapat menghasilkan Direksi yang kredibel, kompeten dan profesional sehingga dapat menyelesaikan semua persoalan PDAM Tirtanadi.Utamanya menyelesaikan keluhan pelanggan dan menjawab tantangan dan peluang bisnis yang ada.

“Seperti kita ketahui, saat ini PDAM Tirtanadi dililit berbagai permasalahan hukum, kekurangan sumber air baku dan defisit produksi serta banyaknya keluhan pelanggan yang mengeluhkan kualitas, kuantitas dan kontinutas air yang diterima pelanggan,” imbuh Rozi.

Dikatakan, untuk dapat menyelesaikan semua persoalan itu dibutuhkan manajemen yang kredibel, kompeten dan profesional serta soliditas dari seluruh pegawai PDAM Tirtanadi.

“Tentunya untuk mewujudkan Sumatera Utara yang bermartabat sesuai Visi Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara” tegasnya.

Rozi yang dikenal maju sebagai Caleg DPRD Medan dari Partai Nasdem ini berharap, idealnya Dieksi PDAM Tirtanadi berasal dari internal PDAM Tirtanadi yang paham akan kondisi, permasalahan dan peluang PDAM Tirtanadi. Sehingga, dapat langsung bekerja begitu ditetapkan sebagai Direksi.

Menurut Rozi, bila Direksi PDAM Tirtanadi berasal dari luar, maka Direksi baru tentu memerlukan waktu untuk beradaptasi dan mempelajari situasi.

“Dari pengamatan kami sebenarnya banyak pegawai PDAM Tirtanadi yang layak memimpin PDAM Tirtanadi hal ini dibuktikan dengan beberapa pegawai PDAM Tirtanadi yang menjadi pimpinan di PDAM lain di Indonesia berhasil membawa PDAM yang dipimpinnya maju dan lebih baik dari sebelumnya,” ujarnya.

Pengusaha Muda Sumut ini juga berharap  agar nantinya Direksi PDAM Tirtanadi yang terpilih, dapat bersinergi dengan Gubsu/Wagubsu sebagai pemilik dan Dewan Pengawas sebagai perpanjangan tangan pemilik serta dengan DPRD Sumut.

“Siapapun nantinya Direksi terpilih, harus bersinergi dengan Gubsu/Wagubsu dan Dewan Pengawas serta menjalin komunikasi yang baik dan hubungan kemitraan dan komunikasi yang baik dengan seluruh stake holder terutama dengan DPRD Sumut. Bila tidak maka sehebat apapun Direksinya tidak akan mampu menyelesaikan permasalahan yang ada,” harap Rozi.

Rozi menegaskan, Kompatir mendukung penuh dan siap bermitra dengan PDAM Tirtanadi, siapapun Direksi yang terpilih nantinya.

Dukungan tersebut demi tercapainya pelayanan yang prima dan kualitas pendistribusian air yang baik ke masyarakat.

“Perusahaan besar yang menjadi sumber kehidupan orang banyak sudah seharusnya memiliki Direksi yang profesional, berfikir inovatif dan strategis serta paham dengan proses dan bisnis air bersih. Kalau kriteria itu didapatkan, kami yakin krisis air bersih akan terselesaikan,” tutup Rozi.(SB/01)

Comments