Rayakan Idul Adha, Mesjid Raya Parapat Sembelih Qurban 12 Ekor Sapi dan 19 Ekor Kambing

sentralberita|Parapat.~Umat Muslim Parapat dan sekitarnya turut merayakan Idul Adha 1445 H atau Hari Raya Qurban dengan mengawalinya melalui Sholat Idul Adha di Lapangan Ruang Terbuka Publik Pantai Bebas (RTP Panbes) Parapat, Senin (17/6/2024) pagi.

Ratusan kaum umat Muslimin dan Muslimat warga Parapat sekitarnya beserta tamu pengunjung bertumpah ruah bergabung melaksanankan Ibadah Sholat Id dengan khusyuk.

Lantunan takbir pun dikumandangkan oleh imam/khatib Al Ustadz Dr. Asykur Amin, LC. M.Pd yang dalam tausyiahnya mengatakan setelah menunaikan shalat Ied, umat muslim melengkapi ibadahnya dengan melakukan penyembelihan hewan qurban sebagai upaya manusia meraih sifat taqwa kepada Allah SWT.

“Semua hal dan nikmat yang kita miliki adalah titipan dari Allah SWT yang harus selalu disyukuri. Memaknai Hari Raya Idul Adha bukan hanya dilihat dari menyembelih hewan qurban nya saja melainkan ada nilai-nilai sosial dan empati untuk selalu peduli terhadap sesama,” ujar Khatib.

Baca Juga :  AQUA Santuni¬† Anak Yatim, "Kecukupan Konsumsi Air Minum Setiap Hari Termasuk di Bulan Ramadhan Harus Diperhatikan"

Setelah Sholat Id berlangsung pihak Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Mesjid Raya Parapat melakukan penyembelihan hewan kurban di lokasi Masjid Raya Parapat yang di pimpin oleh Ketua PHBI Hidayat.

Hidayat menjelaskan bahwa hewan kurban yang diterima pada Hari Raya Idul Adha 1445 H kali ini sebanyak 12 ekor Sapi dan 19 Ekor Kambing.

“Mesji Raya Parapat telah menerima 12 ekor sapi diantaranya dari masyarakat 8 ekor, dari Bapak H. Edy Ramayadi 1 ekor, dari Hotel Khas Parapat 1 ekor, dari Pemuda Pancasila Sumut 1 ekor, dari Pemprovsu 1 ekor, sedangkan kurban kambing ada 19 ekor diantaranya dari masyarakat ada 16 ekor, PT. ASDP Cab Danau Toba 2 ekor dan dari Hotel Parapat View 1 Ekor,” ujar Hidayat.

Baca Juga :  Mendekatkan Diri Dengan Masyarakat Kapolres Pematangsiantar Jumat Curhat Di Mesjid Al Falah

Disebutkan dari semua hewan kurban yang ada, akan dibagikan kepada 1.050 orang penerima umat muslim di Parapat dan sekitarnya, dengan persyaratan harus memiliki kupon yang telah dibagi sebelumnya.

“Qurban merupakan salah satu wujud mendekatkan diri kepada Allah, untuk selalu bersyukur, memperkuat silaturahmi dan ukhuwah antar warga. Selain itu juga melalui ibadah qurban dapat membangun kebersamaan dan menciptakan rasa kekeluargaan dalam menghayati akan makna qurban,” pungkas Hidayat.

Mewakili Umat Muslim Parapat, Ketua Badan Kemakmuran Mesjid (BKM) Mesjid Raya Taqwa Parapat Sumari mengucapkan terimakasih kepada seluruh umat muslim Parapat sekitarnya serta para Shohibul Qurban yang telah melaksanakan Ibadah Qurbannya di Mesjid Raya Taqwa Parapat.(SB/01)