Target Pemilih Pemula, Dukcapil Madina Jemput Bola Ke Kecamatan Lakukan Perekaman E-KTP

sentralberita | Madina ~ Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada) Kabupaten Mandailing Mandailing Natal ( Madina) Tahun 2024 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Madina mewacanakan akan kembali melaksanakan jemput bola perekaman e-KTP bagi pemilih pemula.

Ridwan Nasution menjelaskan rencananya pada bulan Juni 2024 nanti kegiatan perekaman e-KTP dilaksanakan pada bulan depan. Pelayanan dan penjaringan e-KTP bagi pemula akan dimulai dari Sekolah Menengah Atas (SMA). Kemudian akan dilanjutkan ke Kecamatan se Kabupaten Mandailing Natal.

“Insyaallah akan kita laksanakan pada bulan 7 nanti,” Ujarnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at ( 14/6/2024).

Menurut Ridwan perekaman e-KTP jelang Pilkada 2024 nanti tidak akan terjadi pembludakan. Lantas, sebab pada saat jelang Pemilihan Umum Tahun lalu sudah banyak yang melakukan perekaman e-KTP bagi pemula. Dikatakannya untuk pengurusan Administrasi Penduduk (Adminduk) jenis lainnya nanti akan dipertimbangkan dari aspek situasi dan kondisi.

Baca Juga :  Jadi Inspektur Upacara HUT Ke - 78 RI, Camat Tambangan Muslih S.Sos Ajak Warga Masyarakat Perkokoh Persatuan

“Kita lihat kemungkinan bagaimana situasi dan kondisinya, apakah kita akan membuat seperti pengurusan e-KTP, akta kelahiran kartu keluarga,” Terang Ridwan.

Tak Hanya Itu, kurangnya kesadaran masyarakat pada saat perekaman e-KTP atau mengurus Adminduk lainnya Dia nilai masih kurang. Padahal ujar Ridwan Hal itu sudah dikoordinasikan melalui Kecamatan dan disampaikan pada Kepala Desa.Sehingga Kadis Dukcapil Madina itu berharap nantinya Kecamatan dan Kepala dapat mensosialisasikan ketika kegiatan itu di berlangsungkan hingga penyelenggaraannya efektif.

“Seandainya nanti kami turun ke lapangan sesuai dengan jadwal, kiranya pihak yang berwenang di daerah setempat untuk memberitahukan Dukcapil ada di tempat supaya mengurus Adminduk nya. Supaya tidak lagi ke dukcapil induk yang begitu jauh dari kecamatan atau daerah yang jauh.” Harap Ridwan.

Baca Juga :  Krisis Kepemimpinan, Wartawan Dorong Ivan Batubara Bersedia Jadi Calon Bupati Madina

“Hasilnya nanti kami akan menyerahkan ke kecamatan lalu ke kepala desa serahkan ke masyarakat secara gratis,” Ditambahkannya.

Diketahui, Sistem jemput bola bagi masyarakat yang ingin melakukan pengurusan Administrasi Penduduk tersebut dilatarbelakangi untuk memudahkan mengurus Adminduk masyarakat yang berhalangan seperti disabilitas, jompo, manula dan lainnya. Dan kegiatan Jemput bola itu dilakukan kapan saja ketika ada laporan pihak manapun.

“Kirannya ada masyarakat yang manula, jompo, dan lainnya yang ingin mengurus Adminduk agar kecamatan atau kepala desa melapor kepada kami. Kami akan turun jemput bola langsung dan Gratis,” Tandas Ridwan.( FS)