Dolly Yakin Doa dan Restu Ibu Jembatan Menuju Keberhasilan

sentralberita | Tapsel ~ Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, S.Pt, MM, memantapkan diri untuk maju pada Pilkada Tapsel pada November 2024 mendatang. Niat ini kian kokoh setelah mendapat doa dan restu dari Sang Ibu, Isna Irawaty Siregar.

“Alhamdulillah, Ibunda sudah kasih restu agar saya kembali mengabdikan diri membangun Tapsel, melanjutkan program pro rakyat yang sudah digagas pada periode sebelumnya,” ujar Dolly kepada awak media, Minggu (9/6/2024).

Putera sulung pasangan Panusunan Pasaribu dan Isna Irawaty Siregar ini menyakini, restu dari seorang Ibu adalah jembatan menuju keberhasilan.

“Apalagi kata Ibunda, Ayah saya, Panusunan Pasaribu, sudah mewakafkan saya untuk Tapanuli Selatan. Itu artinya, Ayah saya telah mewasiatkan agar saya bermanfaat untuk masyarakat Tapanuli Selatan,” tutur suami Rosalina Siregar ini.

Tidak hanya itu, Sang Ibu juga berpesan agar Dolly tetap menjaga nama baik Sang Ayah dan Sang Nenek, Hasan Pinayungan Pasaribu.

“Ini bukan tanggungjawab yang mudah. Jika tidak kuat iman, salah langkah, itu sama saja dengan melanggar wasiat leluhur,” tambah Dolly.

Pria kelahiran Medan, 29 Maret 1980 ini juga mengatakan, itu pula yang menjadi landasan dalam menjalankan roda pemerintahan Tapsel secara ikhlas dan sepenuh hati.

“Kerja harus ikhlas. Utamakan urusan orang banyak. Lurus jalani hidup. Pasrah kepada Allah. Yakin, kun fa yakun, Inshaallah niat sampai,” ujar Dolly menirukan pesan Sang Ibu.

Dolly dilantik menjadi Bupati Tapsel oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi pada 26 Februari 2021. Sebelumnya, Dolly merupakan anggota DPRD Tapsel tahun 2019 – 2020.

Lahir dari keluarga terpelajar dan mewarisi bakat kepemimpinan dari Sang Ayah, Panusunan Pasaribu, yang sempat menjabat Bupati Tapsel periode 1995–2001.

Dolly mengenyam pendidikan dasar di SD Negeri Percobaan, Sei Petani, Medan dari 1986 hingga 1992, kemudian menamatkan pendidikan tingkat pertama di SMP Negeri 1 Pematangsiantar pada 1995 dan tercatat sebagai alumni SMA Negeri 1 Medan.

Pria supel ini selanjutnya menimba ilmu di Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU) jurusan Peternakan dan menyandang gelar Sarjana Peternakan (S.Pt) pada 2005.

Tidak puas sampai disitu, Dolly kemudian mengisi cakrawala wawasan pendidikan Strata S-2 di kampus yang sama, Pascasarjana USU dan sukses menyandang gelar Managister Managemen (M.M) pada 2012.

Sebelum menjabat Bupati Tapsel, Dolly telah malang-melintang di dunia kerja, diawali sebagai account officer di Bank Syariah Bukopin hingga 2008, bahkan sempat merasakan suka-duka di sejumlah perusahaan asuransi seperti AIA Financial dan Asuransi Jiwa Manulife hingga 2018.

Dolly juga tergolong sosok berbakat dalam menjalankan bisnis, termasuk membangun usaha kuliner, toko bunga hingga mendirikan Lembaga Kursus Bahasa Inggris.

Itu pula yang menjadi bekal Dolly hingga didaulat menjadi Ketua Kompartemen Kerjasama Perbankan dan Investasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Medan pada 2010 – 2013.

Bagi Dolly, organisasi seperti rumah kedua. Wajar jika ayah tiga anak ini diamanahi tanggungjawab sebagai Ketua Bidang Pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Assosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Medan, periode 2015 – 2018.

Bahkan Dolly sempat menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang UMKM di Pengusaha Muda Dunia atau Junior Chamber International (JCI) Cabang Medan dan menjabat sebagai anggota Dewan Pembina dan Majelis Pertimbangan Badang Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indinesia (BKPRMI) Kabupaten Tapanuli Selatan rentang waktu 2009 – 2011.

Kendati demikian, ibarat peribahasa, buah tak jauh jatuh dari pohonnya. Dolly akhirnya mengikuti jejak Sang Ayah dengan menceburkan diri ke dunia politik.

Dolly kemudian mencalonkan diri sebagai anggota DPRD dari Partai Gerindra pada Pemilu Legislatif 2019 daerah pemilihan Tapanuli Selatan 4 meliputi Kecamatan Angkola Barat, Angkola Sangkunur dan Kecamatan Angkola Selatan.

Masyarakat tiga kecamatan tersebut, meletakkan amanah luar biasa dipundak Dolly, sekaligus sukses mengantarkannya sebagai anggota DPRD Tapsel pada 13 Agustus 2019. Sebuah prestasi, Dolly bahkan memperoleh suara terbanyak dari keseluruhan daerah pemilihan yakni 4.274 suara sekaligus didaulat menjadi Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Tapsel.

Belum rampung masa jabatan, Dolly kemudian membulatkan tekat menjadi abdi masyarakat dengan ikut dalam Pilkada Tapsel 2020. Ia ikhlas mengundurkan diri dari jabatan anggota DPRD Tapsel sekaligus Ketua Praksi Parta Gerindra sejak ditetapkan sebagai calon Bupati Tapsel berpasangan dengan calon Wakil Bupati Rasyid Assaf Dongoran pada 27 September 2020.

Pasangan Dolly – Rasyid diusung tujuh partai politik yakni Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Golkar, PPP, PKB, Partai Demokrat dan PAN. KPU Tapsel menyatakan Dolly – Rasyid unggul dengan perolehan 94.717 suara (59,4%), Pasangan Dolly – Rasyid dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi pada 26 Februari 2021.

“Perjalanan panjang, menggeluti banyak usaha, ternyata Allah memberi saya jalan hidup sebagai abdi masyarakat, bukan pengusaha. Semua itu hanyalah amanah yang harus dijalani dengan ikhlas dan sungguh-sungguh. Mendapat amanah menakhodai Tapsel merupakan ladang ibadah dengan berusaha semampunya menjadi sosok yang bermanfaat bagi orang banyak,” papar Dolly.

Pengakuan Dolly ini bukan isapan jempol belaka. Itu dapat dibuktikan dengan berbagai prestasi yang ditorehkan saat menjabat Bupati Tapsel diantaranya:

1. Penghargaan Anugerah Tangguh Adhiwirasana dalam Hal Penanganan Covid-19 Terbaik se-Indonesia dari Presiden RI pada 2021.

2. Penghargaan Atas Pencapaian Opini Wajib Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun 2020 (WTP ke-7 berturut-turut) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI pada 2021.

3. Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 dari Ombudsman RI pada 2021.

4. Penghargaan Kabupaten Layak Anak Peringkat Pratama dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindugan Anak RI Tahun 2021 pada 2021.

5. Penghargaan Atas Peran Sertanya Dalam Mengoptimalisasikan Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Tapanuli Selatan dari BPJS Ketenagakerjaan pada 2021.

6. Penghargaan sebagai Percontohan dalam Upaya Perlindungan Bahasa Daerah melalui Kegiatan Revitalisasi Bahasa di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara dari Pusat Pengembangan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada 2021.

7. Penghargaan Kepada Kabupaten Tapanuli Selatan Atas Dukungan Terhadap Program JKN-KIS dari BPJS Kesehatan pada 2021.

8. Penghargaan sebagai Pemenang Terbaik I Lomba Pelaksanaan Registrasi Penduduk Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara Tahun 2021 dari Gubernur Sumatera Utara pada 2021.

9. Penghargaan Terbaik I Kepada Dinas PP dan KB Kabupaten Tapanuli Selatan Atas Persentase Kebutuhan ber-KB yang Tidak Terpenuhi ( UNMET NEED ) Kategori ≤ 50.000 Pasangan Usia Subur (PUS) Berdasarkan Laporan Statistik Rutin s/d Desember 2020 sebesar (11,66%) Provinsi Sumatera Utara dari BKKBN pada 2021.

10. Penghargaan Kepada Desa Sidundung Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan atas Partisipasinya sebagai Juara I Dalam Rangka Lomba Pelaksana Terbaik Desa/Kelurahan Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera ( PT.P2W-KSS ) Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021 dari Gubenur Sumatera Utara pada 2021.

11. Penghargaan Atas Pencapaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun 2021 (WTP ke 8 kali berturut-turut) serta Apresiasi Khusus dari Kementrian Keuangan atas WTP diatas 5 Tahun berturut-turut dari BPK RI pada 2022.

12. Sertifikat Digital Initiative Award sebagai Kategori Inovasi Program ETPD Terbaik dari Bank Indonesia pada 2022.

13. Penghargaan kepada Kabupaten Layak Anak Peringkat Pratama Tahun 2022 dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindugan Anak Republik Indonesia pada 2022.

14. Penghargaan kepada Kabupaten Tapanuli Selatan atas Pencapaian sebagai 10 Kabupaten/Kota Terbaik se-Sumatera Utara dalam Realisasi Anggaran Belanja Tahun Anggaran 2021 dari Gubernur Sumatera Utara pada 2022.

15. Penghargaan Tunggul Kecamatan Terbaik Kepada Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan Sebagai Kecamatan Terbaik I Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022 dari Gubernur Sumatera Utara pada 2022.

16. Penghargaan Atas Terbentuknya Gugus Tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara dari Kementrian Politik dan Pemerintahan Umum pada 2022.

17. Penghargaan Perikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022 (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Publik) dari Ombudsman pada 2022.

18. Penghargaan Atas Kontribusi dan Partisipasi Yang Diberikan Kepada Palang Merah Indonesia (PMI) dari Palang Merah Indonesia pada 2022.

19. Penghargaan Kepada Bupati Sebagai Sahabat Pers dari Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Sumatera Utara pada 2022.

20. Penghargaan Kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mandiri Desa Perkebunan Kecamatan Angkola Sangkunur Kabupaten Tapanuli Selatan Sebagai Harapan I dalam Lomba BUM Desa Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara dari Gubernur Sumatera Utara pada 2022.

21. Penghargaan dari TP PKK Provinsi Sumatera Utara kepada Tim Penggerak PKK Desa Paran Padang Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan sebagai Juara II Pelaksana Terbaik Tertib Administrasi PKK Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022 Kategori Kabupaten TP PKK Provinsi Sumatera Utara pada 2022.

22. Penyampaian Terimakasih dan Penghargaan Kepada Kabupaten Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara Atas Pencapaian 100% Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pembinaan dan Pengawasan Inspektorat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022 dari Inspektorat Provinsi Sumatera Utara pada 2022.

23. Penghargaan Atas Pencapaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun 2022 (WTP ke 9 kali berturut-turut) dari BPK Republik Indonesia pada 2023.

24. Penghargaan atas Dukungan, Kerjasama dan Kontribusinya dalam menyukseskan Program Pelestarian Bahasa Daerah dala Platform Merdeka Belajar Episode Ke- 17. Revitalisasi Bahasa Daerah Pada Tahun 2022 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada 2023.

25. Penghargaan Juara I Kategori Atraktif pada APKASI Expo dari APKASI pada 2023.

26. Penghargaan Sebagai Tokoh Muda Inspiratif Sumatera Utara atas Jasa dan Pengabdian yang diberikan Dalam Membangun Sumatera Utara dari Majelis Pimpinan Wilayah Provinsi Sumatera Utara pada 2023.

27. Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Paritrana Award) Tahun 2022 Provinsi Sumatera Utara dari BPJS Ketenagakerjaan pada 2023.

28. Penghargaan Atas Kerja Sama dan Sinergi Dalam Pengamanan Penerimaan Negara Republik Indonesia Tahun Anggaran 2022 dari KPP Pratama pada 2023.

29. Penghargaan Atas Kontribusi dalam Menyukseskan Program Jaminan Kesehatan dengan Menganggarkan dan Membayarkan Iuran Jaminan Kesehatan Pemerintah Daerah Tepat Waktu dan Tepat Jumlah Tahun 2020 – 2022 dari BPJS Kesehatan pada 2023.

30. Penghargaan Juara I Kategori Kesenian Daerah Terbaik Dalam Acara Pekan Raya Sumatera Utara Ke 49 dari Gubernur Sumatera Utara pada 2023.

31. Penghargaan Juara II Kategori Penyampaian dan Penataan Materi Dalam Acara Pekan Raya Sumatera Utara Ke-49 dari Gubernur Sumatera Utara pada 2023.

32. Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Informatif Kategori Kabupaten/Kota dari Komisi Informasi Provinsi (KIP) Sumatera Utara pada 2023.

33. Penghargaan dan Apresiasi Atas Kerja Sama dan Dukungan Terhadap Implementasi Program Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada 2023.

34. Terima Kasih dan Apresiasi atas Dukungan Terhadap “Program Merdeka Belajar Kemdikbudristek“ di Wilayah Provinsi Sumatera Utara dari Balai Besar Guru Penggerak Sumatera Utara pada 2023.

35. Penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak Tahun 2023 Kategori Madya dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia pada 2023.

36. Juara Umum Penghargaan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tingkat Provinsi Sumatera Utara dari TP PKK Provinsu Sumatera Utara pada 2023.

37. Penghargaan Juara I kepada Desa Pardomuan Kecamatan Arse Kab. Tapanuli Selatan Kategori UP2K PKK Tingkat Provinsi Sumatera Utara pada Hari Kesatuan Gerak (HKG) Tahun 2023 dari TP PKK Provinsi Sumatera Utara pada 2023.

38. Penghargaan Juara II kepada Desa Napa Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan Kategori Tertib Administrasi Tingkat Provinsi Sumatera Utara pada Hari Kesatuan Gerak (HKG) Tahun 2023 dari TP PKK Provinsi Sumatera Utara pada 2023.

39. Penghargaan Juara III kepada Desa Sialogo Kecamatan Angkola Barat Kab. Tapanuli Selatan Kategori PAAR Tingkat Provinsi Sumatera Utara pada Hari Kesatuan Gerak (HKG) Tahun 2023 dari TP PKK Provinsi Sumatera Utara pada 2023.

40. Penghargaan Juara Harapan I kepada Desa Aek Sabaon Kecamatan Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan Kategori Hatinya PKK Tingkat Provinsi Sumatera Utara pada Hari Kesatuan Gerak (HKG) Tahun 2023 dari TP PKK Provinsi Sumatera Utara pada 2023.

41. Penghargaan Juara Harapan II kepada Kecamatan Arse, Kabupaten Tapanuli Selatan Kategori Iva Test Tingkat Provinsi Sumatera Utara pada Hari Kesatuan Gerak (HKG) Tahun 2023 dari TP PKK Provinsi Sumatera Utara pada 2023.

42. Penghargaan Juara II kepada Desa Garoga Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan Kategori LBS Tingkat Provinsi Sumatera Utara pada Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tahun 2023 dari TP PKK Provinsi Sumatera Utara pada 2023.

43. Penghargaan Juara Harapan II kepada Desa Padang Kahombu Kecamatan Batang Angkola Kab. Tapanuli Selatan Kategori PHBS Tingkat Provinsi Sumatera Utara pada Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tahun 2023 dari TP PKK Provinsi Sumatera Utara pada 2023.

44. Penghargaan Juara II kepada Desa Paran Padang Kecamatan Sipirok Kab.Tapanuli Selatan Pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023 dari TP PKK Provinsi Sumatera Utara pada 2023.

45. Penghargaan Juara III kepada Desa Huta Ginjang, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan Pada Lomba BUMDes Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 203 dari TP PKK Provinsi Sumatera Utara pada 2023.

46. Penghargaan Kepada Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, S.Pt. MM Atas Pertisipasinya sebagai Pemateri Dalam Seminar Politik Perubahan Iklim dan Energi Terbarukan dari Environment Institue pada 2023.

47. Penghargaan Kepada Bupati Tapanuli Selatan atas Peran Serta Berkelanjutan Pelaksanaan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kepada 17.328 Pekerja Renan di Wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan dari BPJS Ketenagakerjaan pada 2023.

48. Penghargaan Kepada Bupati Tapanuli Selatan atas Komitmennya Mencapai Universal Health Coverage Tahun 2023 dari BPJS Kesehatan pada 2023.

49. Penghargaan Kepada SMPN 1 Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan Sumatera Utara sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri 2023 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI pada 2023.

50. Penghargaan Kepada SMPN 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan Sumatera Utara sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional 2023 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI pada 2023.

51. Penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan Optimalisasi Program Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada Pekerja Rentan di Kabupaten Tapanuli Selatan dari Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut pada 2023.

52. Penghargaan Atas Kontribusi yang diberikan dalam perkopian Sumatera Utara pada International Coffe Day Sumatera Utara dari Dewan Kopi Indonesia pada 2023.

53. Penghargaan TOP 10 Integrated Sustanability Indonesia Movement (I-SIM) for Regencies dalam Rangka Indonesia’s SDGs Action Awards 2023 dari APKASI pada 2023.

54. Penghargaan Paviliun Terbaik I Pemkab dan Pemko dalam Rangka Roadshow BUS KPK dari Komisi Pemberantasan Korupsi pada 2023.

55. Penghargaan Satyalancana Dharma Aditya Karya Mahatva Yodha Atas Karya Bakti dan Pengabdian Sosial Yang Telah Dilakukan Bersama–Sama dan Berkolaborasi dengan Karang Taruna dari Pengurus Nasional Karang Taruna pada 2023.

56. Penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia atas Rekor Donasi Buku Terbanyak Kepada Siswa PAUD dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada 2023.

57. Penghargaan kepada BPBD Kabupaten Tapanuli Selatan Sebagai BPBD Terbaik Ktegori Perencanaan dan Tata Kelola Gudang Logistik dan Peralatan Penganggulangan Bencana Tingkat Kabupaten /Kota Wilayah Barat dari Deputi Bidang Logistik dan Peralatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada 2023.

58. Penghargaan Terbaik I Integrated Sustanability Indonesia Movement (I-SIM) for Regencies 2023 dari BAPPENAS pada 2023.

59. Penghargaan Kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan atas Partisipasinya Dalam Program Integrated Sustainability Indonesia Movement ( I- SIM ) for Regencies 2023 dengan Peringkat Terbaik I dengan Skor 67,91 sehingga dapat dikategorikan sebagai “The Advocator” dalam Pencapaian SDGs di Tingkat Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia dari Sekretariat Nasional TPB/SDGs pada 2023.

60. Penghargaan kepada Kabupaten Tapanuli Selatan sebagai Terbaik V atas Pencapaian 10 Kabupaten/Kota Terbaik Se- Sumatera Utara dalam Realisasi Anggaran Belanja Tahun Anggaran 2023 dari Pj. Gubernur Sumatera Utara pada 2024.

61. Penghargaan kepada Kabupaten Tapanuli Selatan sebagai Peringkat III Pemerintah Daerah dengan Penyaluran Dana Desa Terbaik Tahun 2023 dari Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Utara 2024.

62. Anugrah PWI 2024 Untuk Bidang Lingkungan Hidup dianugrahkan kepada Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara dari PWI Pusat pada 2024.

63. Penghargaan Kepada Kabupaten Tapanuli Selatan Atas Kontribusinya Dalam Menyukseskan Program Jaminan Kesehatan Dengan Menganggarkan dan Membayarkan Iuran Jaminan Kesehatan Pemerintah Daerah Tepat Waktu dan Tepat Jumlah Tahun 2020 – Tahun 2023 dari BPJS Kesehatan pada 2024.

Semua prestasi diatas, sebut Dolly, dapat diraih atas kerjasama dan dukungan seluruh pemangku kebijakan dan masyarakat Tapsel.

“Saya pribadi, belum puas dengan semua pencapaian itu, karena saya yakin, Tapanuli Selatan bisa mengukir prestasi lain di masa mendatang yang jauh lebih gemilang,” tutup Dolly optimis. (SB/01)