Desa Hutabargot Lombang Terpilih Sebagai Desa ‘Sicantik’ 2024 Ungguli 375 Desa Se Madina

sentralberita | Madina ~ Badan Pusat Statistik Kabupaten Mandailing Natal ( Madina) menobatkan Desa Hutabargot Lombang kecamatan Hutabargot menjadi satu diantara dua Desa yang dipilih sebagai Desa Cinta Statistik ( Desa Cantik) 2024.

Satu Desa lagi yakni Desa Huta Godang Muda kecamatan Siabu.Dua Desa tersebut berhasil keluar sebagai Desa Sicantik, mengalahkan 375 Desa lainnya di Kabupaten Madina.

Badan Pusat Statistik ( BPS ) Kabupaten Mandailing Natal Memilih Desa Hutabargot Lombang Kec. Hutabargot dan Desa Hutagodang Muda Kec. Siabu sebagai Desa Cinta Statistik ( Desa Cantik ).

Terpilihnya Desa Hutabargot Lombang tidak terlepas dari andil Camat Hutabargot Setyaning Maryani S.STP yang merekomendasikan ke pihak BPS Madina.

Perwakilan BPS Madina dalam arahannya saat berkunjung ke Desa Hutabargot Lombang,Selasa (4/6) menyebutkan tujuan dibuatkannya Desa Cantik adalah untuk membenahi data Pemerintahan Desa.

” Sehingga warga Desa Hutabargot Lombang dapat lebih mudah mengakses data, baik data penduduk, data terpadu kesejahteraan Sosial, Data Posyandu ( Data Balita, Data Stunting, Data Lansia, Data Balita Gizi Buruk dan Data Penduduk Penyakit Menahun ) yang disinergikan dalam 1 (satu) Data yaitu Data Statistik”,ungkapnya.

Dikatakan, poses pembenahan data ini akan berjalan hingga Oktober 2024, ujar BPS Mandailing Natal. Dari Dua desa ini akan kita pilih satu untuk mewakili Kabupaten Madina untuk dibawa ke tingkat propinsi pada Nopember nanti.

“Jadi diantara Dua Desa yakni Hutabargot Lombang Kec. Hutabargot dan Desa Hutagodang Muda Kec. Siabu, siapapun yang menang nanti akan dibawa ke provinsi Sumatera Utara, untuk bertanding mewakili Kabupaten Mandailing Natal”, jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Hutabargot Lombang Muhammad Said, SE sangat berterima kasih kepada pihak BPS Mandailing Natal dan Camat Hutabargot yang telah memilih Desa Hutabargot Lombang sebagai desa cantik dari 377 Desa dan 23 Kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal.

Said berharap adanya dukungan dari seluruh warga masyarakat sehingga Desa Hutabargot Lombang nantinya bisa terpilih mewakili Kabupaten Madina untuk maju ke tingkat propinsi.

Sementara Camat Hutabargot yang ditemui terpisah mengungkapkan rasa bangga sekaligus apresiasi atas capaian tersebut.

“Saya mengucapkan terimakasih, atas kepercayaan yang diberikan, sehingga Desa Hutabargot Lombang terpilih salah satu dari dua desa yang dinobatkan sebagai Desa Cantik 2024.

Karena itu saya berpesan kiranya seluruh komponen masyarakat terutama warga Desa Hutabargot Lombang dapat mendukung keberadaan Desa Hutabargot Lombang Desa Cantik 2024.

” Saya berpesan agar seluruh warga mendukung dan bekerjasama ini satu kebanggaan bagi kita”, ujarnya sumringah.

Ia juga berharap, momentum ini jadi motivasi dan menjadi contoh buat Desa lain, sehingga dapat terpilih ke propinsi.( FS)