Dr. Rudiawan Sitorus Berharap Prodi Pemikiran Islam UIN SU Cetak Ilmuwan di Bidang Politik Islam

sentralberita | Medan ~ Anggota DPRD Kota Medan, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Dr. Rudiawan Sitorus, M.Pem.I., H. Rajudin Sagala, S.Pd.I. menerima kunjungan audiensi dari Fakultas Ushuluddin, Prodi Pemikiran Politik Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU), Senin (03/06/2024) di gedung DPRD Medan.

Hadir dalam kunjungan tersebut Dr. Elly Warnisyah Harahap, M.Ag,Dr. Uqbatul Khoir Rambe, MA, Dr. Agusman Dmanaik, MA, Dr. Aminuddin, S.Sos, MA. C.IP
Dr. Rudi awan Sitorus berharap UIN SU bisa mencetak para ilmuwan di bidang politik islam. “Kita berharap prodi pemikiran politik Islam yang ada di UIN SU itu bisa mencetak para ilmuwan-ilmuwan di bidang politik Islam yang nantinya akan menyumbang keilmuan-keilmuan politik Islam di Sumatera Utara dan menjadi pakar-pakar politik Islam yang bisa memberikan pemikiran-pemikiran untuk berkembangnya politik Islam yang ada di Sumatera Utara, ” katanya.

Fraksi PKS, kata Rudi awan sangat berharap dengan adanya prodi pemikiran Islam di Pasca Sarjana baik S2 maupun S3 menjadi bagian daripada mitra Fraksi PKS dan juga DPRD Kota Medan untuk memberikan pemikiran-pemikiran yang berlian untuk kemajuan politik yang ada di Sumatera Utara khususnya di Kota Medan.

“Kita juga sangat berharap UIN SU membuka peluang untuk kerjasama antara pejabat-pejabat yang ada di Sumatera Utara, khususnya di Kota Medan, untuk bisa mendapatkan ilmu di Prodi Pemikiran Islam, ” harapnya.

Politisi PKS yang juga lulusan program doktoral UIN SU mengharapkan lulusan Prodi Pemikiran Islam juga bisa memberikan peluang kerjasama mitra untuk menjadikan para pejabat-pejabat yang ada di Sumatera Utara ini memiliki khazanah ilmu politik Islam.

“Karena ilmu agama ini sangat penting sekali karena selain mendapatkan ilmu-ilmu politik, juga mendapatkan ilmu-ilmu agama yang nantinya bisa menyeimbangkan antara politik dan spiritual, sehingga akan menghasilkan SDM-SDM yang bukan hanya mumpuni di bidang ilmu politik, tapi juga kaya dengan nuansa spiritual. Itulah makanya pentingnya ada Prodi Politik Islam itu dan bisa memberikan sumbangsih besar untuk SDM-SDM yang ada di Sumatera Utara, ” pungkasnya.
[4/6 17.31] Husni Lubis Sentral: Saat Rapat Paripurna, DPRD Medan Minta Walikota Evaluasi Jabatan Kadishub Medan

PosRoha.com | Medan, Permasalahan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang banyak rusak bahkan belum terpasang di lingkungan warga Kota Medan menjadi perhatian serius Fraksi PDI P DPRD Medan. Tidak adanya perbaikan dan atensi dinilai suatu bentuk kinerja buruk dari Kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan Iswar Lubis.

“Kami mendesak saudara Walikota Medan Bobby Afif Nasution untuk melakukan evaluasi terhadap jabatan Kepala Dishub Kota Medan Iswar Lubis karena tidak memiliki kepekaan dan keperdulian terhadap terciptanya keamanan dan kenyamanan ditengah-tengah masyarakat Kota Medan,” sebut anggota DPRD Medan Daniel Pinem.

Pernyataan itu disanpaikan Daniel Pinem selaku sekretaris Fraksi PDI P DPRD Medan dalam pemandangan umum Fraksinya terhadap Ranperda tentang Laporan Pertanggungjawaban (Lpj) pelaksanaan APBD Kota Medan TA 2023 dalam rapat paripurna di gedung dewan, Selasa (4/6/2024). Menurutnya, masalah LPJU merupakan hal penting untuk meminimalisir tindak kejahatan dilingkungan namun Kadis Perhubungan menganggap sepele.

Disampaikan Daniel Pinem, terkait masalah LPJU pihaknya telah banyak menerima pengaduan masyarakat saat reses maupun Sosper. Bahwa mereka (warga) sudah mengajukan permohonan melalui surat resmi dan online kepada Dinas Perhubungan Kota Medan untuk perbaikan dan pemasangan baru Lpju namun tidak ada realisasi.

“Surat permohonan ada yang diajukan oleh kelompok masyarakat, Lurah maupun Camat, namun tidak pernah ditindak lanjuti bahkan tidak mendapat respons Kepala Dinas Perhubungan Kota Nedan,” sebutnya.

Menurut Daniel, sangat dikhawatirkan bila hal itu tidak segera ditindak lanjuti untuk perbaikan dan pemasangan Lpju, tingkat kriminilitas seperti perampokan, pencurian dengan kekerasan, pemerkosaan, termasuk kecelakaan pada malam hari akan semakin meningkat di Kota Medan. “Untuk itu, hal ini harus ikut menjadi perhatian serius Walikota Medan,” katanya.

Dalam pemandangan umumnya, Daniel menyebutkan beberapa contoh titik lokasi yang ada, seperti di jln. Wahidin, Jl Air bersih Ujung Kelurahan Denai, Jalan Selam, Jl Pukat, sepanjang jalan meranti Kel. Sekip Kec. Medan Petisah, sepanjang jln. Asia Kec. Medan Area dan Medan Kota, termasuk yang ada dibeberapa kelurahan yang ada dikawasan Medan Utara, seperti di Kec. Medan Nelawan, Medan Labuhan, Medan Deli dan Medan Marelan. (01/red)