305 Orang Tamu Allah Asal Binjai Tiba di Asrama Haji Medan, Ini Pesan Walikota Binjai dan Bantuan yang Diberikan

sentralberita|Medan~sebanyak 305 orang Jemaah Haji Kota Binjai tiba di Asrama Haji Medan, Kamis (30/5/2024) sekira pukul 11.20 WIB.Secara resmi dilepas oleh Walikota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP menuju Asrama Haji Medan di Pendopo Umar Baki Kota Binjai, Kamis (30/5/2024) dan tiba di Asramam Haji Medan sekira pukul 11.20 WIB.

Direncanakan besok (Jumat, 31/5/2024) Kloter 17 dari jemaah haji asal Binjai bergabung dengan 47 jemaah haji asal Medan ditambah 5 petugas kloter dan 3 PHD, sehingga keseluruhan berjumlah 360 orang. Kloter 17 menurut jadwal akan berangkat ke Jeddah dari bandara Kualanamu pukul 13.20 WIB.

Kakankemenag Kota Binjai Drs. H. Saparuddin, MA di Asrama Haji Medan, Kamis (30/5/2024) menyampaikan, Pemerintah Kota Binjai tahun ini memberikan bantuan dana sebesar Rp 90 juta bagi para jemaah haji untuk biaya berziarah dan berkunjung ke beberapa tempat di tanah suci.

Selain itu jemaah haji dibekali dengan bumbu pecal dan ikan teri selama menjalankan ibadah di tanah suci, demikian juga Pemko Binjai menyediakan sarana transportasi untuk pemberangkatan jemaah haji dari Binjai menuju Asrama Haji Medan agar proses pemberangkatan berjalan aman, nyaman, tertib dan lancar.

Ia juga mengatakan, Walikota Binjai mengucapkan selamat jalan dan mendoakan para calon jamaah haji maupun para petugas mendapatkan kemudahan dalam menjalankan ibadah dan tugasnya dan kembali ke tanah air menjadi haji yang mabrur.

“Walikota Binjai berpesan kepada petugas haji untuk melakukan tugasnya dengan sepenuh hati, sesuai dengan amanah yang telah diberikan,”ujar ujar Saparuddin.

Kakankemenag Kota Binjai ini juga menyebutkan, jemaah haji Kota Binjai tergabung dalam Kloter 17 Embarkasi Medan, berjumlah 305 orang terdiri dari 190 orang Perempuan dan 115 orang laki-laki.

Dari 305 jemaah haji, Saparudin mengatakan, Lansia 30 persen dan sehat tidak pakai kursi roda. “Usia rata rata 65 tahun, yang tua usia 87 tahun dan sehat, yang termuda 19 tahun,” ujarnya.(SB/01)