Kakanwil Kemenagsu: Ada Tumin Gentayangan Mencari Mangsa di Dikanwil Dan Kemenag Kab/ Kota

sentralberita | Medan ~ Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H Ahmad Qosbi SAg MM ingatkan para Kabid, Kakakan Kemenag Kab/ Kota dan Kepala Madrasah agar waspada dan hati hati terhadap oknum Tumin ( Tukang Minta) dan Mumin ( Muka Minta) yang akhir akhir ini sering gentayangan mencari mangsa di Kemenag Kabupaten/ Kota.
Modus tumin dan mumin tersebut kata Kakanwil, mendatabgi dan menelfon mangsanya menjual isu murahan dengan mengatan dekat dengan pejabat Kanwil Kemenagsu dan bisa mengurus pindah dan mengurus jabatan.

Kalau mangsanya tertarik dengan tipu daya oknum tumin tersebut, kemudian ia akan meminta sejumlah uang dan mengirimkan nomor rekeningnya kepada calon korbannya.
Modus lain, kata Kakanwil, si oknum tumin dan mumin tersebut sering menunjukka foto dirinya dengan pejabat tertentu tujuannya untuk meyakinkan calon korbannya seolah olah si tumin tadi ada kedekatan dengan pejabat di Kanwil Kemenag Sumut maupun pejabat publik lainnya yang memiliki jabatan.

Karena itu, kata Kakanwil, jangan mau diajak berfoto dengan oknum tumin tersebut karena foto itu nantinya akan disebarkannya tanpa izin dari kita, tegas Kakanwil.
” Saya sudah ada menerima beberapa laporan dari beberapa kemenag kab/kota khususnya pegawai PPPK yang ingin pindah tugas dari satu daerah ke daerah lain”, ujar Kakanwil tanpa merinci nama oknum tumin dan mumin dimaksud.
Dalam kesempatan ini saya tegaskan, tidak ada yang bisa mengurus perpindahan pegawai PPPK, dan saya tegaskan bahwa pemetaan tahun 2024 saya tunda, tegas Kakanwil.

Ia menyarankan, bagi yang merasa korban atas rayuan manis oknum tumin dan mumin supaya meminta uangnya kembali dan bila perlu laporkan ke aparat penegak hukum.
Hal ini disampaikan Kakanwil Kemenag Sumut pada acara halal bi halal dan tepung tawar jemaah calon haji Kanwil Kemenagsu, Selasa (30/4).
Hadir pada acara tersebut, Kabag TU, H Muhammad Yunus MA, Kabid Penmad H Erwin P Dasopang MSi, Kabid Urais, Kabid Pakis, Kabid Penais, Pembimas dan Kakan Kemenag Kab/ Kota serta kepala madradah.
Kakanwil mengucapkan terimakasi pada Penmad sebagai panitia halal bi halal atas terlaksananya acara dengan baik dan sukses.
Ia juga mengucapkan terimakasih pada kakan kemenag
kab/kota serta kepala madrasah atas kehadirannya di acara halal bi halal serta tepung tawar jemaah haji.
Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil mengajak semua ASN Kemenag tetap berada dalam satu komando.
” Mari kita tingkatkan kinerja kita dan tetaplah dalam satu komando untuk meraih sukses Kemenag dimasa mendatang” kata Kakanwil. (Diurnawan)