Sekretariat DPRD Langkat MoU Dengan Kejari

sentralberita | Langkat ~ Sekretariat DPRD Kabupaten Langkat dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Langkat melakukan MoU (perjanjian kerjasama) penanganan masalah hukum bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, Senin (18/3/2024).

 

MoU ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan dilakukan antara Sekretaris DPRD Kabupaten Langkat Drs. Basrah Pardomuan dan Kepala Kejari Langkat Mei Abeto Harahap, SH, MH yang disaksikan Pimpinan DPRD Langkat dan Ketua-Ketua Fraksi DPRD Langkat yang berlangsung diruang kerja Ketua DPRD Langkat.

 

MoU bertujuan untuk menangani bersama penyelesaian masalah di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) yang dihadapi Sekretariat DPRD Langkat, baik didalam maupun diluar pengadilan dengan tiga ruang lingkup yakni pemberian bantuan hukum, pemberikan pertimbangan hukum dan pemberian tindakan hukum lainnya.

 

Antoni selaku Wakil Ketua DPRD Langkat menyebutkan bahwa Pimpinan DPRD Langkat dan Ketua-Ketua Fraksi DPRD Langkat yang hadir merasa berbesar hati dan bahagia dengan adanya MoU.

Baca Juga :  Sekda Langkat hadiri Musrenbangnas 2024 di JCC Senayan Jakarta

 

Dirinya mengatakan, dinamika dan peraturan perundang-undangan yang demikian pesat, tak menutup kemungkinan terjadinya masalah keperdataan dan tata usaha negara antara instansi pemerintah, baik dengan badan hukum maupun perorangan, yang memerlukan penanganan secara professional, arif dan bijaksana.

 

“Karena itu kami Pimpinan DPRD dan Ketua-Ketua Fraksi DPRD Langkat menyambut baik MoU ini supaya kami merasa nyaman dan aman dalam bertugas,” sebut Antoni.

 

Sementara itu, Kepala Kejari Langkat, Mei Abeto Harahap, mengatakan MoU merupakan bentuk kemitraan DPRD dengan Kejari, sehingga DPRD Langkat yang merupakan refresentasi masyarakat Kabupaten Langkat nyaman dalam bekerja dan tidak khawatir dalam menjalankan roda pembangunan.

 

“Kalau ada problem, maka dengan adanya MoU ini, kami berperan membantu problem itu. Kami akan support agar tertib administrasi dan tertib dalam tata kelola keuangan,” ucap Kajari.

Baca Juga :  Pimpin Upacara Hardiknas, Pj Bupati Langkat Titip Pesan Pada Guru

 

Perjanjian kerjasama ini berlaku untuk jangka waktu satu tahun, terhitung sejak ditandatanganinya MoU.

 

Hadir dalam acara itu 4 Pimpinan DPRD Langkat yaitu Sribana Perangin Angin selaku Ketua DPRD, Donny Setha, Ralin Sinulingga dan Antoni selaku Wakil Ketua DPRD.

 

Sementara dari Ketua Fraksi yaitu Partai Golkar Munhasyar, Ketua Fraksi Gerindra Dedek Pradesa, Ketua Fraksi PDI.P Romelta Ginting, Ketua Fraksi Nasdem H. Ajai Ismail, Ketua Fraksi Demokrat Johan Wiryawan Bangun, Ketua Fraksi KPK Aidir Syahputra dan Ketua Fraksi BPI Lucky Sahputra. Selain itu hadir Kasi Datun Kejari Langkat Yogi Fransis Taufik beserta jajaran dan para Jaksa. (SB-Don)