Power Boat F1H2O Digelar 1-3 Maret 2024, Bupati Poltak Sitorus Berharap Warga Toba Memanfaatkan Event Internasional ini

sentralberita|Toba ~ Bupati Toba, Poltak Sitorus menyebutkan pelaksanaan Event F1 Power Boat (F1H2O) akan dimundurkan jadwalnya yang semula pada 23-25 Februari 2024 menjadi 1-3 Maret 2024.

Hal ini disampaikan Bupati Poltak Sitorus dalam arahannya saat mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2025 di Kecamatan Bonatualunasi, Senin (5/2/2024).

Menurut Bupati Poltak Sitorus, event internasional ini hendaknya dimanfaatkan warga untuk mendapatkan manfaat peningkatan perekonomian dengan salah satunya menjual produk unggulan khas Toba seperti padi (beras), jagung ,kopi dan lainnya.

Pemanfaatan event ini sesuai dengan skala prioritas pembangunan Kabupaten Toba saat ini yaitu Pariwisata, Pertanian ,dan Pendidikan.

” Keluhan warga dalam Musrenbang adalah keluhan pertanian baru mengenai infrastruktur (jalan),”katanya dihadapan peserta diantaranya kepala desa, kepala sekolah , tokoh agama,masyarakat,adat, dan utusan warga desa.

Hal ini sudah banyak yang diperbaiki namun masih ada yang kurang dan itu akan terus diperbaiki.

Kemudian dalam bidang pertanian selain padi , kopi juga semakin diminati wisatawan.

“Kebutuhan kopi meningkat karena sering perkembangan pariwisata.
Top prioritas pariwisata ini, semua sektor lainnya harus mendukung.Infrastruktur jalan, produksi beras serta kopi dengan hilirisasi sampai end yaitu kopi siap diminum,” katanya.

Dalam bidang pertanian, gerakan tanam dua kali panen dua kali belum semua petani melaksanakannya karena alasan kurangnya pupuk. Mengatasi ini, Bupati Poltak Sitorus kembali mengajak agar secara bertahap beralih ke pupuk organik.

Kemudian ditanyakan juga kepada warga dan kepala desa yang hadir soal pengembangan padi, jagung ,kopi , bawang merah dan jahe . Pemkab Toba akan memberikan dukungan bibit. Termasuk dalam bantuan bibit ternak bebek petelur sebagai pendukung pemenuhan gizi keluarga.

Untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan, Pemkab Toba menyediakan bantuan beasiswa Rp.5 juta bagi siswa yang berprestasi masuk sekolah unggulan SMA Unggul Del dan SMA Yayasan TB Soposurung.

Sebelumnya Plt.Camat Bonatualunasi melaporkan bahwa Musrenbang desa telah dilaksanakan sejak 15 – 26 Januari 2024.

Ada 119 usulan dari 12 desa dengan rincian 3 untuk pengampu Dinas Ketapang dan perikanan, 35 untuk Dinas PUTR, 73 untuk Dinas Pertanian,1 untuk Dinas Koperindag, dan 7 untuk Dinas Perkim.

Hadir mendampingi bupati, Ketua TP -PKK Kabupaten Toba Ny Rita Marlina Poltak Sitorus beserta sejumlah anggota, dan para pimpinan atau perwakilan perangkat daerah.(SB/MPS)