Kolaborasi Koramil 0204-19/BP dan Muspika Gelar Karya Bakti Cegah Bencana di Desa Sialang

sentralberita | Bangun Purba  ~ Koramil 0204-19/Bangun Purba bersama unsur Muspika setempat berkolaborasi dalam kegiatan karya bakti cegah bencana di Dusun II, Desa Sialang, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang, Selasa (5/12/2023).

Komandan Koramil 0204-19/Bangun Purba, Kapten Inf Warsito menjelaskan, karya bakti ini menyasar pembersihan saluran drainase (parit) di sepanjang jalur utama menuju Kantor Desa Sialang.

“Pembersihan parit ini bertujuan untuk mencegah bencana. Baik itu bencana banjir genangan akibat tersumbatnya aliran air karena sampah dan endapan lumpur, ataupun bencana demam berdarah akibat parit menjadi tempat berkembangbiaknya jentik nyamuk Aedes Aegypti,” jelas Kapten Warsito.

Kapolsek Bangun Purba, AKP Erwin, SH, bersama Camat Bangun Purba, Raden Mewah Ristanto, SSTP, juga berpendapat sama. Keduanya bahkan meyakini kalau pembersihan saluran parit ini juga baik untuk estetika (keindahan) jalan desa, termasuk mencegah parit menjadi tempat bersarangnya binatang melata berbisa.

Dengan bermodalkan peralatan seperti cangkul, tajak, penggaruk rumput maupun parang, kegiatan bersih-bersih parit ini dikerjakan secara gotong royong.

Sedikitnya ada 14 personil Koramil 0204-19/Bangun Purba yang diturunkan dalam aksi ini bersama anggota Polsek, perangkat kecamatan, perangkat desa maupun elemen masyarakat sekitar. Ibu-ibu PKK Desa Sialang juga tak ketinggalan untuk ikut andil.

“Kegiatan kolaboratif seperti ini akan terus digalakkan ke desa-desa lainnya di Kecamatan Bangun Purba, sehingga kita berharap bisa menginspirasi berbagai pihak untuk lebih peduli terhadap lingkungan disekitarnya,” pungkas Kapten Warsito.

Kegiatan yang diawali dengan apel pengecekan dan pengarahan ini turut dihadiri Kades Sialang, Selamet, Kasi Kebersihan Bangun Purba, Butet br Tarigan, Ketua BPD, Wagino, anggota Trantib Bangun Purba, dan anggota LPM Desa Sialang.

Sumber: Kodim 0204/DS(01/red)