Jaksa Penuntut Umum Minta Majlis Hakim Hukum Berat Terdakwa Sujono

sentralberita | Medan ~ Kasus penipuan dan penggelapan atas terdakwa Sujono disidang di ruangan Cakra 7 Pengadilan Negeri Medan ,Selasa (5/12).

Adapun sidang yang kedua digelar di ruang Cakra 7 di pimpin Hakim ketua dan Hakim Anggota mendengarkan pembacaan permohonan esepsi atau penangguhan tahanan terdakwa yang dibacakan Kuasa hukum Sujono .

Amatan media dari hasil sidang tersebut belum diputuskan majlis hakim hasil permohonan esepsi nya akan dilanjutkan pada sidang berikutnya .

Sujono yang ditetapkan sebagai tersangka kasus penipuan dan penggelapan atas laporan korbannya Kusnan di Polda Sumut
dengan nomor LP/1307/VII/2020/Poldasu. tanggal 20 Juli 2020.

Hal ini terbukti dalam pemeriksaan penyidik Polda Sumut atas pemalsuan tanda tangan Ilyas Fuad sesuai dengan laporan polisi nomor STTLP/B/1424/IX/2021/SPKT/Polda Sumut tanggal 10 September 2021.

Modus terdakwa Sujono melakukan penipuan dengan cara mengajak pihak lain, untuk kerjasama dalam mengelola lahan perkebunan seluas 150 hektar yang diserobotnya, berlokasi di Kelurahan Palas dan Kelurahan Agro Wisata, Kecamatan Rumbai Barat, Kota Pekanbaru, Prov Riau.

Terdakwa Sujono melakukan penyerobotan lahan, dengan bermodalkan surat kuasa dari Amir alias Yong Keng, atas pembelian lahan yang dibeli dari Faisal Syah Reza seluas 150 hektar yang merupakan tanah milik para pemilik termasuk tanah ahli waris H Adnan.

Pihak Sujono bukan pemilik tanah tetapi kuasa dengan modus melakukan penerbitan surat SKT dan SSKGR atas nama Sujono dan anak istrinya serta nama Amir dkk, dengan cara memalsukan tanda tangan para pemilik tanah di dalam surat SKGR.

Hal ini terbukti dalam pemeriksaan penyidik Polda Sumut atas pemalsuan tanda tangan Ilyas Fuad sesuai dengan laporan polisi nomor STTLP/B/1424/IX/2021/SPKT/Polda Sumut tanggal 10 September 2021.

Sementara dalam sidang Kuasa Hukum meminta ke Majlis Hakim mengajukan eksepsi dan penangguhan tahanan ,Minimal ancaman ringan .

Menanggapi permohonan Kuasa Hukum Sujono,Jaksa Penuntut Umuk akan menanggapi secara tertulis.

Jaksa Penuntut Umum Marina Surbakti ketika diminta keterangan nya akan meminta kepada Majlis Hakim yang terhormat meminta hukuman yang seberat-beratnya terhadap terdakwa Sujono, ujarnya.(01/red)