Wakil Bupati Toba Bersama Pimpinan Perangkat Daerah Hadiri Acara Gondang Naposo

Acara Gondang Naposo

sentralberita | Toba ~ Wakil Bupati Tonny M. Simanjuntak dan beberapa pimpinan perangkat daerah menghadiri pesta Gondang Naposo di dua desa, pada Sabtu (9/9) malam.

Dua pesta gondang naposo yang dihadiri yakni Gondang Naposo Persatuan Muda-Mudi Sibadihon (Permusi), Desa Sibadihon, Kecamatan Bonatua Lunasi dan Pesta Gondang Naposo di Desa Jonggi Manulus, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba

Dalam sambutannya Tonny Simanjuntak terlebih dahulu menyampaikan permohonan maaf karena Bupati Toba, Poltak Sitorus tidak bisa hadir. “Mohon maaf beliau tidak bisa hadir karena urusan kerja. Melalui saya, beliau menyampaikan salam kepada para pemuda dan seluruh warga di desa ini,” ujarnya membuka sambutan.

Tonny M. Simanjuntak mengatakan, kegiatan budaya Gondang Naposo kini sudah terbilang jarang dilaksanakan, bahkan di beberapa kecamatan kegiatan budaya tersebut tidak pernah lagi dilaksanakan.

“Di daerah kecamatan Balige-Tampahan, pesta budaya seperti ini tidak pernah lagi dilaksanakan. Tetapi di Kecamatan Parmaksian, Porsea, Bonatua Lunasi dan beberapa kecamatan lain masih sangat sering digelar,” lanjutnya.

Masih kata Wabup, bahwa Pemerintah Kabupaten Toba sangat berterimakasih kepada para pemuda yang sampai saat ini masih menjaga dan melestarikan gondang naposo meski konteksnya dalam bentuk hiburan. “Pemerintah sangat berterimakasih kepada anak-anak muda di desa ini karena sampai sekarang masih melestarikan budaya kita,” kata Tonny Simanjuntak.(SB/MPS)