Bupati Imbau Orang Tua Segera Anak Imunisasi Polio Balita

Bupati bersama Ketua PKK berikan imunisasi Polio kepada anak 0-59 bulan,(sb/ru

sentralberita I Batu Bara ~ Bupati Batu Bara Ir Zahir didampingi Ketua TP PKK Ny Maya Indriasari Zahir resmikan pencanangan Sub PIN Polio anak usia 0-59 bulan di Kabupaten Batu Bara Senin (13/2/2023).

Acara diresmikan di UPT TK Negeri Pembina Sei Suka, Kelurahan Perkebunan Sipare-pare, Kecamatan Sei Suka. Sekaligus Bupati menyampaikan bahwa, pencanangan Sub PIN Polio di Kabupaten Batu Bara dilaksanakan secara serentak mulai 13 hingga 19 Februari di Posyandu dan sekolah PAUD/TK yang ada di Kabupaten Batu Bara.

“Diharapkan kepada Ibu – ibu segera membawak anaknya berimunisasi Polio Balita yang memiliki anak 0-59 bulan, akan mendapatkan obat tetes Polio sebanyak dua tetes untuk menyelamatkan anak-anak dari virus polio yang berbahaya tersebut.”

Baca Juga :  Sat Lantas Polres Batubara Aktif Melaksanakan Kegiatan Cooling System

Bupati Zahir jelaskan Polio adalah penyakit menular yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kelumpuhan dan kecacatan seumur hidup bahkan kematian. Polio menular lewat air dan makanan yang terkontaminasi dengan tinja yang mengandung virus Polio.

Bupati menjelaskan penyakit Polio memang belum ada ditemukan di Kabupaten Batu Bara.

“Hanya satu yang baru ditemukan yakni di Kabupaten Idi Provinsi Aceh. Mudah-mudahan di Kabupaten Batu Bara tidak menjalar. Namun kita harus mengantisipasinya dengan melakukan imunisasi terhadap anak balita,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batu Bara Wahid Khusyairi memaparkan gejala awal penyakit Polio yang menyerang balita usia 0-59 bulan berawal dengan demam panas dan batuk.

Baca Juga :  Polres Batubara Kawal Logistik Pemilu 2024 dan Hasil Pleno Dari Kantor PPK ke Gudang Logistik Dan Kantor KPU

“Apabila ada anak-anak balita yang mengalami demam panas segera membawa ke Puskesmas. Penyakit Polio ini sangat berbahaya sekali karena bisa menyebabkan kelumpuhan dan kematian,” ujar Wahid.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kapolres Batu Bara diwakili Kapolsek Indrapura AKP Jonni H Damanik, Dandim 0208 AA diwakili Danramil 02 Air Putih Kapten Inf Salam Rambe, Danlanal Tanjung Balai diwakili Danpos Kuala Tanjung Lettu Susanto, Kasat Intelkam Polres Batu Bara AKP Rubenta Tarigan, Direktur RSUD Batu Bara dr Guruh Wahyu Nugraha, Kakan Kemenag Batu Bara Sakoanda, Ketua MUI Batu Bara Hidayat dan undangan lainnya. (ru)

)