Video Diviralkan…, Polisi Cek Preman Pungli di Tempat Wisata Gajah Bobok Karo

sentralberita | Karo ~ Video menunjukkan dua orang pria diduga melakukan pungutan liar (pungli) di kawasan Wisata Gajah Bobok, Karo, Sumatera Utara (Sumut), viral di media sosial (medsos). Polisi pun turun tangan.

Dilihat Selasa (5/10/2021), tampak dua pria berdiri di tengah jalan. Mereka kemudian berbicara dengan seorang pengendara mobil.

Sang pengendara pun bertanya beberapa hal ke dua pria itu sambil merekamnya. Kedua pria itu pun meminta agar dia tak difoto-foto.

Mereka meminta agar si pengendara itu memfoto pelang nama tempat di pinggir jalan. Menurut pengirim video dugaan pungli tersebut, masyarakat itu awalnya jalan-jalan menuju lokasi wisata Gajah Bobok.

“Jadi kronologinya kami tadi sekeluarga lagi jalan-jalan menuju lokasi wisata Gajah Bobok, terus di pos pertama kami diminta uang retribusi buat ke lokasi wisata Gajah Bobok oleh Dinas Pariwisata,” tulis si pengirim video.

“Terus kami jalan lagi. Nah di pertengahan jalan kami dimintai (uang) lagi oleh orang berpakaian preman. Kami pun heran kenapa sudah dimintai uang masuk, dimintai lagi, dengan alasan mereka disuruh oleh kepala desa untuk meminta uang masuk tanpa adanya karcis retribusi yang resmi, dengan alasan belum dicetak,” sambung dia.

Setelah itu, karena tak mau ribut, mereka pun memutar balik arah. Mereka keluar dari lokasi tersebut.

“Terus kami balik arah keluar dari wisata tersebut. Di pertengahan jalan kami foto-foto sejenak, dan datang lagi orang tersebut mengusir kami lagi sembari mengancam,” tulisnya.

Sementara Kapolsek Tiga Panah AKP H Sihotang mengatakan pihaknya bakal mengecek informasi dugaan pungli itu. Jika terbukti, lanjut Sihotang, maka polisi akan menindak pelaku.

“Kita cek. Bila ditemukan kita tindak,” sebut Sihotang.
(Dtc)