Pemko Psp Kembali Tertibkan PKL

[ Walikota Psp, Irsan Efendi Nasution meninjau penertiban PKL di Jalan Thamrin pusat Kota Psp. (SB/F-PH)

sentralberita | SIDIMPUAN ~ Pemerintah Kota Padangsidimpuan (Pemko Psp) kembali melakukan penertiban Pedang Kaki Lima (PKL) diseputaran Pasar Sagumpal Bonang dan jalan Cokro Aminoto. PKL yang ditertibkan adalah yang memakai trotoar dan badan jalan, Selasa (26/10/2021).

Selain itu, Pemko Psp juga akan melakukan perawatan jalan. Sejumlah ruas jalan di pusat kota akan diperbaiki (dihotmix). Khususnya jalan rusak yang dipakai PKL sebagai tempat berjualan.

” Kita sudah berulangkali melakukan sosialisasi agar PKL jangan memakai trotoar dan badan jalan. Apalagi saat ini, kita akan melakukan pengaspalan. Namun, PKL tetap berjualan. Makanya dilakukan penertiban”, kata Walikota Psp, Irsan Efendi Nasution yang turun langsung kelokasi penertiban.

Dijelaskannya, penertiban PKL sudah sering dilakukan. Namun, persolan itu tak kunjung selesai. Karenanya, dia menyarankan agar pada penertiban kali ini jangan hanya dilakukan satu instansi (Satpol PP). Namun, harus melibatkan lintas instansi.

Dikatakannya, kali ini, penertiban sudah melibatkan berbagai instansi seperti Satpol PP, Dishub, Perkim, Disperindag, Lingkungan Hidup dan PUPR. Dengan harapan, penertiban bisa lebih efektif.

Menurutnya, Pemko Psp juga sudah menyiapkan tempat relokasi bagi PKL. Seperti Pasar Saroha di Padangmatinggi dan Pasar Dalihan Na Tolu di Sadabuan.

” Saya berharap para PKL dan semua pihak mau bekerjasama. Ini demi kebersihan dan keindahan kota. Silahkan berjualan di tempat yang sudah kita siapkan dan jangan di trotoar apalagi badan jalan”, himbaunya.

Lebihlanjut, Walikota menambahkan, saat ini Pemko Psp bekerjasama dengan pihak swasta sedang membangun Pasar Mahera. Direncakan, pembanguan pasar itu akan rampung akhir tahun ini, pungkasnya. (SB/PH).